Tips Sebelum Membeli RAM Untuk Laptop

DEVISOFIAH - Performa laptop yang menurun kadang diakibatkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Sehingga laptop pun butuh tambahan perangkat yang dapat memaksimalkan kembali performa laptop.

RAM laptop

Biasanya yang dilakukan banyak orang adalah dengan menambah RAM laptop. Solusi ini cukup memberikan pengaruh performa yang meningkat dan modalnya pun cukup terjangkau. Bagi Anda yang mungkin mengalami hal sama, bisa mencoba untuk mengupgrade RAM laptop menjadi dua atau empat kali lipat.

Baca juga : Cara Lain Mengatasi Masalah Komputer Gagal Hibernate

Tetapi sebelum membeli RAM untuk laptop, sebaiknya Anda perlu berhati-hati. Berikut ini kami informasikan tips untuk Anda yang akan membeli RAM laptop.

#Cek Slot RAM

Yang pertama harus Anda pastikan adalah laptop memiliki slot RAM tambahan. Kalaupun tidak, berarti nanti Anda harus membeli RAM dengan kapasitas yang lebih besar. Misalnya RAM laptop Anda saat ini 2GB, slot RAM ada dua buah, dan slot kosong bisa dikasih 2GB atau 4GB.

Tapi jika slot RAM hanya ada satu, berarti Anda harus membeli RAM dengan kapasitas besar, misalnya 4GB atau 8GB.


#Cek Kapasitas Maksimal RAM

Tiap-tiap laptop memiliki kapasitas maksimal RAM yang bisa dibenamkan. Dan biasanya ini tergantung juga prosesor yang digunakan. Ada laptop yang memiliki jumlah maksimal RAM 10GB, ada pula yang sampai 64 GB.

Bagaimana cara mengeceknya? Coba tanyakan ke service center atau cari informasi spesifikasi detail laptop tersebut. Biasanya akan ada informasi detail RAM maksimalnya.

#Cek Jenis RAM

RAM laptop itu punya berbagai macam varian, mulai dari seri DDR nya (DDR2/DDR3/DDR4), hingga ukuran voltage nya. Nah, yang kadang tidak dicermati adalah masalah voltagenya.

Beberapa laptop ada yang menggunakan RAM dengan DDR3 Lv (Low Voltage). Dari segi fisik sama, tetapi masalah daya jelas berbeda. Kalau voltage nya tidak sama, akan berdampak RAM tidak bisa terdeteksi. Jadi jangan sampai salah beli karena tidak melihat detail ukuran voltage RAM laptop.

#Budget dan Merek

Yang terakhir adalah masalah budget dan merek. Sebaiknya masalah ini disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau memang alasan mengupgrade RAM laptop hanya untuk meningkatkan performa laptop (kegiatan office) saja, bisa membeli RAM yang kualitasnya standar.

Akan tetapi jika untuk kebutuhan multimedia atau game, maka butuh membeli RAM yang memiliki kualitas terbaik. Nah, Anda tinggal menyesuaikan budget yang dimiliki.

Baca juga : Cara Kerja dan Fungsi PCMCIA Card/ Express Card

***
RAM adalah salah satu perangkat keras pada komputer yang berpengaruh pada cepat lambatnya kinerja komputer. Jadi pastikan membeli RAM yang tepat dan akan lebih baik jika Anda ingin membeli laptop pastikan yang punya RAM besar. Karena seiring berjalannya waktu akan banyak aplikasi yang terbenam di laptop Anda. Itu tentu butuh dukungan RAM yang tinggi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Sebelum Membeli RAM Untuk Laptop"

Posting Komentar