Madu Yang Dijual Di Pasaran Mayoritas Bukan Madu Mentah

DEVISOFIAH - Banyak yang belum mengerti tentang seluk beluk madu, khususnya madu mentah. Yang masyarakat tahu tentang madu ya hanya sekedar cairan berwarna kuning dan coklat yang memiliki rasa manis.

Madu Mentah

Tapi tahukah Anda kalau madu yang dijual dipasaran itu mayoritas bukan madu mentah?

Sebelum membahasnya lebih dalam, kita ketahui dulu madu mentah itu apa. Madu mentah adalah madu yang langsung berasal dari sarangnya, baik hasil ternak maupun mengambil langsung di alam. Selanjutnya madu itu langsung dikemas dan dijual ke konsumen tanpa proses apapun.

Biasanya madu mentah memiliki ciri-ciri berbusa jika ditempatkan pada botol, lalu akan muncul gas yang kadang menyebabkan botol menjadi menggelembung.

Nah gas dan busa inilah yang menjadi tanda bahwa madu ini masih mentah belum ada campuran apapun dan proses penyaringan. Karena telah banyak ditemui madu yang sudah dilakukan proses penyaringan atau pemanasan. Ada salah satu proses yang kerap digunakan yaitu proses pasteurisasi.

Proses pasteurisasi ini dalah proses untuk menghilangkan senyawa zat dan enzim yang ada di dalam madu mentah. Dengan dihilangkan zat dan enzim yang ada di dalamnya maka madu tidak akan menghasilkan gas lagi. Sehingga aman ketika dilakukan packing. Biasanya proses pasteurisasi ini dilakukan oleh perusahaan distribusi madu baik skala kecil maupun menengah atas.

Tujuannya sederhana, agar lolos proses seleksi dari pihak badan kesehatan, dan juga supaya aman saat didistribusikan di minimarket atau sejenisnya.

Baca juga : Bawang Putih untuk Kesehatan

Yang jadi masalah adalah madu yang sudah mengalami proses seperti ini sudah tidak lagi bisa dikatakan madu mentah. Karena kandungan zat dan enzim yang justru itu sangat baik untuk kesehatan, justru dihilangkan. Akibatnya konsumen tidak mendapatkan khasiat maksimal dari madu yang dikonsumsinya.

Informasi ini banyak yang belum tahu dan banyak opini yang berkembang di masyarakat.

Lalu bagaimana solusinya?

Jika Anda memang ingin mendapatkan madu yang benar-benar mentah dan murni, sebaiknya membeli madu di tempat perternak madu. Itu cara yang paling efektif untuk mendapatkan madu murni atau mentah. Sehingga Anda akan mendapatkan khasiat yang melimpah dari madu yang Anda konsumsi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Madu Yang Dijual Di Pasaran Mayoritas Bukan Madu Mentah"

Posting Komentar