Contoh Laporan Penelitian Sosial PENGARUH FACEBOOK TERHADAP REMAJA

corner 23 serve u betterBAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1    Latar Belakang Masalah

Penggunaan internet bukanlah suatu hal yang istimewa atau khusus untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan usia, dan hampir semua golongan mengetahui dan akrab dengan internet.

Seiring dengan berjalannya waktu  yang pesat, banyak situs dan aplikasi pertemanan promosi dan aplikasi-aplikasi lain. Diantaranya adalah Google Talk, AIM, Yahoo, Live Mesengger, My Space, Friendster, Twitter dan Facebook.

Pada Proposal penelitian ini kami mencoba menganalisa dampak pengarus Facebook terhadap pelajar dan menghubukannya terhadap tingkat prestasi belajar mereka masing-masing. Proposal penelitian ini sudah kami rancang sedemikian rupa sesuai dengan topik yang sudah kami bahas dengan materi serta pembahasan secara garis besar. Berikut ini adalah isi daripada karya tulis yang sudah kami buat. Semoga anda membacanya memperoleh pengetahuan seperti yang anda inginkan sebelumnya.

 

1.2    Rumusan Masalah

Dalam Proposal ini, rumusan masalah yang kelompok kami dapat disimpulkan sesuai dengan masalah pada judul penelitian kami adalah sebagai berikut :

a)         Apa sebenarnya yang dimaksud dengan FB ?

b)        Mengapa banyak remaja yang menggunakan FB ?

c)         Apa dampak FB bagi kalangan remaja ?

 

1.3    Tujuan Penelitian

a)         Untuk mengetahui arti FB sebenarnya

b)        Untuk mengetahui alasan remaja mengetahui FB

c)         Untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari FB bagi kalangan remaja

 

1.4    Hipotesis

Hipotesis kelompok kami dapat disimpulkan pada proposal ini terdiri dari 2 bagian yaitu sebagai berikut :

Ho          :    Tidak adanya pengaruh Facebook siswa MA NURUL HUDA terhadap prestasi belajar

Hi           :    Adanya pengaruh Facebook siswa MA NURUL HUDA terhadap prestasi belajar

 

1.5    Operasionalisasi Variabel

Variabel yang ada dalam Karya Tulis ini terbagi menjadi 2 variabel, yaitu :

-       Variabel Bebas       : Pengaruh Facebook terhadap pelajar

-       Variabel Terikat     : Prestasi Belajar


 

BAB II

METODE PENELITIAN

 

Pada bagian ini, metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara deskriftif.

Metode penelitian yang kami gunakan pada laporan hasil penelitian kami ini juga meliputi beberapa indikator.

 

2.1         Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang kelompok kami terapkan pada laporan hasil penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Kami memilih jenis penelitian tersebut karena disebabkan jangka waktu yang kami miliki hanya sebentar sehingga tidak memungkinkan kami untuk menerapkan jenis penelitian kualitatif.

 

2.2         Lokasi Penelitian

Lokasi yang menjadi tempat bagi kami untuk melakukan penelitian adalah lingkungan MA NURUL HUDA seluruhnya.

 

2.3         Metode Pengumpulan Data

Metode yang kami lakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.    Metode Observasi

Yaitu dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap aktifitas di lapangan.

2.    Metode Study Pustaka

Yaitu berupa kajian literature yang sesuai dengan penelitian baik berupa buku maupun dari sumber internet.

 


 

2.4         Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA NURUL HUDA. Sedangkan, sampel yang berjumlah 2 orang siswa MA NURUL HUDA dari masing-masing kelas.

BAB III

MATERI PENJELASAN TENTANG FACEBOOK

 

3.1         Sejarah Facebook

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.

Pada Juli 2007 situs ini memiliki jumlah pengguna terbesar diantara sistus-situs lain.

 

3.2         Dampak Positif Facebook

a.         Lebih informatif, ada new speed, status update, photos, posted item. Kita bisa dengan mudah memantau hal apa saja yang terjadi.

b.        Lebih mudah mengecek pembicaraan dengan rekan-rekan kita.

c.         Jika ada event kemudian ada foto-foto, kita bisa men-tagged teman kita sehingga bisa melihat foto tersebut dari tempat mereka.

 

3.3         Dampak Negatif Facebook

a.       Autis membayangi kita

b.      Minimnya sosialisasi dengan lingkungan

c.       Boros

d.      Mengganggu kesehatan

e.       Waktu belajar kurang

f.       Kurangnya perhatian untuk keluarga

g.      Tersebarnya data pribadi

h.      Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex

i.        Rawan terjadinya perselisihan

j.        Rawan penipuan

 

3.4         Alasan Remaja Menggunakan Facebook

1.        Mempermudah kegiatan belajar, karena dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman

2.        Mencari dan menambah teman, karena akun FB dapat berteman kembali dengan teman lama

3.        Menghilangkan kepenatan belajar, itu bisa menjadi obat stres setelah seharian bergelut dengan pelajaran di sekolah.

 

3.5         Pencegah hal-hal yang Tidak Diinginkan Dalam Menggunakan Facebook

1.      Memasang fhoto profil yang sopan karena dengan memasang foto profil ydapat menimbulkan bahkan menimbulkan nafsu

2.      Membuat FB yang tidak menyindir siapapun. Jangan sekali-kali melampiaskan kepada orang lain di jejaring sosial.

3.      Bersikap sopan jaga tingkah laku dan ucapan kita karena dilihat dan disaksikan orang banyak

4.      Menulis sesuatu dan menjelekkan orang lain membuat pengguna FB yang lain merasa malu dan terimidasi dengan sikap kita yang sebenarnya hanya bercanda.

 


 

BAB IV

PENUTUP

 

4.1         Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan terhadap seluruh siswa MA NURUL HUDA, facebook adalah suatu jejaring sosial yang mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Facebook juga mempunyai beberapa manfaat, namun juga memberikan dampak negatif. Semua itu tergantung pada diri kita sendiri.

Akan tetapi dampak buruk facebook terhadap kehidupan sosial remaja lebih berbahaya dan perlu diantidifasi.

 

4.2         Saran

a.    Remaja

Sebaiknya para remaja dapat menggunakan facebook secara konsekuen dengan cara memilih waktu antara waktu belajar dan menggunakan facebook.

b.    Sekolah

Sebaiknya diadakan pembinaan dan sosialisasi terhadap remaja yang nantinya remaja mengerti apa dampak buruk dari facebook.

 


 

SOAL

 

1.        Apakah anda sering membuka facebook saat pembelajaran berlangsung ?

a.    ya                      b.  tidak                                  c.  bisa jadi     

2.        apakah anda mempunyai facebook ?

a.    ya                      b.  tidak                                  c.  bisa jadi     

3.        Apakah anda suka membuak facebook

a.    ya                      b.  tidak                                  c.  bisa jadi     

4.        Apa yang anda lakukan apabila teman anda ada yang membuka facebook saat belajar ?

a.    menegurnya       b.  membiarkan saja                c.  ikut membuka facebook   

5.        Apakah siswa yang membuka facebook saat belajar mendapat hukuman ?

a.    tidak                  b.  ya                                       c.  bisa jadi

6.        Apakah faktor utama siswa membuka facebook

a.    iseng saja           b.  males mengikuti pelajaran c.  berkomunikasi

7.        Apakah membuka facebook mengurangi siswa jadi giat belajar ?

a.    bisa jadi             b.  tidak                                  c.  ya

8.        Apakah membuka facebook berpengaruh pada prestasi ?

a.    tidak                  b.  ya                                       c.  bisa jadi

9.        Apakah membuka facebook saat belajar itu suatu hal yang baik ?

a.    bisa jadi             b.  tidak                                  c.  ya

10.    Apakah orang yang mempunyai facebook merasa gaul ?

a.       Ya                    b.  tidak                                  c.  biasa saja


 

KATA PENGANTAR

 

Bismillahirrahmaanirrahiim.....

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, berkat rahmat dan karuniaNya kami dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya.

Kami ucapkan terimakasih kepada kepala madrasah dan guru bidang studi ini yang telah memberikan waktunya kepada kami untuk memperoleh pengalaman dalam penelitian ini.

Namun kami mohon maaf apabila dalam isi penelitian ini kami banyak kekurangan dan kesalahan. Kami hanya manusia biasa yang sedang dalam proses belajar. Tetapi mudah-mudahan hasil penelitian kami bermanfaat bagi kita semua, terutama buat kami yang mengerjakan.

 

Kawali,   Januari 2015

Penyusun

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

Laporan Penelitian Sosial yang berjudul “PENGARUH FACEBOOK TERHADAP REMAJA SISWA MA NURUL HUDA” ini dibuat oleh Riska Restianti dan Siti Lasnah Hanifah, telah diteliti dan disahkan pada :

 

Hari          :

Tanggal    :

 

clip_image002

 

 

 

             Mengtahui                                             Kawali, ............................ 2015

  Kepala MA Nurul Huda,                                         Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

H. Moh. Patoni, S.Ag. M.Pd.I.                            Johan Johariansyah, S.Pd.

 NIP : 19640514 198803 1 002                                 NIP :

 


 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR

DATAR ISI

BAB I      PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang

1.2     Rumusan Masalah

1.3     Manfaat Penelitian

1.4     Tujuan Penelitian

1.5     Asumsi

1.6     Hipotesis

BAB II    KAJIAN PUSTAKA

2.1     Pengertian Tata Tertib

2.2     Pentingnya Tata Tertib Bagi Pelajar

BAB III   METODOLOGI PENELITIAN

3.1     Pendekatan Penelitian

3.2     Teknik Pengambilan Sampel

3.3     Variabel Penelitian

3.4     Sumber Data Penelitian

BAB IV   HASIL PENELITIAN

4.1     Pengembangan Penelitian

4.2     Pengumpulan Data

4.3     Analisis Data

BAB V    PENUTUP

5.1     Kesimpulan

5.2     Saran

5.3     Biodata Kelompok

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Laporan Penelitian Sosial PENGARUH FACEBOOK TERHADAP REMAJA"

Posting Komentar