Cara Kerja dan Fungsi PCMCIA Card/ Express Card

PCMCIA portPCMCIA port2

Pada laptop-laptop keluaran sebelum Tahun 2010 kita akan menemukan satu port/ slot yang pada laptop-laptop terbaru sudah tidak lagi kita temui. (Bentuknya dapat kita lihat pada gambar di atas). Slot ini namanya adalah slot/ port PCMCIA. Belum terpikirkan?... bisa jadi karena memang slot/ port ini sudah tidak dipasang lagi pada laptop-laptop keluaran terbaru selain itu hal ini menjadi asing karena PCMCIA merupakan sebuah nama yang tidak menunjukan kepada fungsi ataupun singkatan dari nama alat yang terhubunng dengan slot tersebut. Sedangkan PCMCIA sendiri adalah merupakan singkatan dari Personal Computer Memory Card International Association  yaitu sebuah asosiasi perusahaan-perusahaan pembuat memori di Amerika Serikat yang pada waktu itu bergabung demi mengantisipasi dominasi atau bersaing dengan perusahaan memori yang berasal dari Negara Jepang yang bernama JIEDA. Secara singkat PCMCIA ini dapat dideskripsikan sebagai antarmuka hardware dengan ukuran sedikit lebih besar dari Kartu Kredit atau Kartu ATM yang mampu memberikan fungsi tambahan pada laptop ataupun perangkat portable/ mobile lainnya.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa PC Card atau PCMCIA memang didesain untuk dipergunakan pada perangkat portable atau mobile seperti laptop.

Istilah PCMCIA selanjutnya berubah menjadi PC Card dan pada akhir-akhir ini istilah ini telah berubah kembali, sehingga sekarang ini PCMCIA dulu kini kita kenali dengan istilah Express Card. Istilah yang terakhir ini berkaitan dengan fungsinya.

 

Fungsi PCMCIA/ Express Card

Express Card yang pada awalnya dirancang sebagai system bus media penyimpan pada komputer (computer storage) tambahan,  pada perkembanganya setelah mengalami inovasi-inovasi tambahan apalagi setelah kemampuanya mendukung jalur data 32 bit dan bus mastering atau kemampuan penguasaan bus dan setelah mampu mendukung produk-produk dengan sumber tegangan rendah. Express Card ini dapat digunakan juga dalam lingkungan kerja multitasking. Sehingga karenanya bukan saja sebagai bus penambah media penyimpanan data, akan tetapi Express Card juga mampu menjadi bus penghubung untuk network card, modem, card reader, TV Tuner, beberapa kamera digital SLR, dan lain-lain.

 Cara Kerja dan fungsi PCMCIA CardCara Kerja PCMCIA Card

 

Cara Kerja PCMCIA/ Express Card

Sesuai dengan klasifikasinya, PCMCIA/ Express Card merupakan sebuah kumpulan system bus penghubung, yang menghubungkan beberapa subsistem dengan CPU sehingga CPU dapat mengirim atau mengambil data atau program melalui bus tersebut. Dan karena PCMCIA/ Express Card adalah merupakan sebuah sitem bus, maka cara kerjanyapun dapat disimpulkan sebagai berikut:

Suatu Komputer tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU, memori, perangkat Input/Output. setiap komputer saling berhubungan membentuk kesatuan fungsi. Sistem bus adalah penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya. Transfer data antar komponen komputer sangatlah mendominasi kerja suatu komputer. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi CPU melalui perantara bus, begitu juga kita dapat melihat hasil eksekusi melalui monitor juga menggunakan sistem bus

Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Kerja dan Fungsi PCMCIA Card/ Express Card"

Posting Komentar