Taman Wisata Pantai Pangandaran

Taman Wisata Pantai PangandaranTaman Wisata Pantai Pangandaran teretak berhimpitan dengan kawasan konservasi Cagar  Alam Pangandaran. Secara geografis terletak pada ketinggian 0 s/d 75 meter dpl dengan luas + 37,7 Ha, dengan luas Blok Pemanfaatan seluas + 20 Ha. Secara administratif termasuk wilayah Desa Pangandaran, Kec.Pangandaran Kabupaten Pangandaran.

A.      Topografi dan Tanah

Keadaan topografi Taman Wisata Alam Pangandaran bervariasi mulai landai hingga berbukit. Sedangkan keadaan tanahnya terdiri dari jenis Podsol kuning, Podsol kuning merah, Latosol Coklat dan litosol.

B.       Iklim

Areal Taman Wisata Alam Pangandaran  mempunyai suhu antara : 25oC – 30oC serta  kelembaban udara sekitar : 80%-90% dengan Curah huja rata-rata : 3196 mm/tahun, curah hujan tertinggi terjadi antara bulan Oktober-Maret dan terendah terjadi antara bulan Juli-September.

C.      Hidrologi

Keadaan hidrologi di kawasan Taman Wisata Alam  terbesar berasal dari sumber mata air Sungai Cikamal dan Sungai Cirengganis, dimana sekalipun pada musim kemarau kedua sungai ini hampir tidak pernah kering. Sumber air dari sungai Cirengganis dahulu dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dikawasan Taman Wisata.

D.      Flora

Secara umum vegetasi kawasan taman wisata alam pangandaran terdiri dari formasi hutan pantai dan hutan dataran rendah. Formasi hutan pantai didominasi oleh jenis hutan (Baringtoria Asiatica), Katapang (Tereminalia Cattapan), nyamplung (Callophytuminhophium), Brongondolo (Hernandia palitara), dan waktu (Habiscus).

Sedangkan formasi hutan dataran rendah di Indonesia oleh jenis-jenis laban (Virex Pubescens), kisegel (Drienia Exetsa) dan marong (Ciatycilumeormosum). Selain itu terdapat pula jenis-jenis hutan lataran seperti jati (Tectonia Grandis) dan mahoni (Swieteina Mahagoni)

Salah satu tumbuhan langka yang terdapat dikawasan konservasi pangandaran adalah bunga Raflesia Eotina yang tumbuh sebagi porosit sejati pada sejenis liana yaitu kibalera (Tetratikma Lanceolarium). Bunag ini tumbuh pada bulan Agustus-Maret.

Di pantai Pangandaran ini menawarkan berbagai keindahan alam yang begitu mempesona. Terletak di desa penanjung pangandaran ± 92m dari arah selatan kota Ciamis. Banyak wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung disini.

Para pengunjung dapat menikmati indahnya sunset, disamping itu ombak yang tenang dan airnya yang jernih maka kita dapat menikmati indahnya taman bawah laut, disertai pasir putih sehingga menambah indahnnya suasana pantai.

Selain indahnya pantai Pangandaran juga menyuguhkan wisata alam disekitar pantai pangandaran, diantaranya : Lintas alam, bersepeda, berenang, diving, melihat peninggalan sejarah, dll. Dipantai pangandaran kita dapat melihat keindahan alam antara lain :

a.         Batu Karang

Menurut informasi, batu tersebut merupakan perbatasan antara pantai dengan laut lepas. Menurut kepecayaan masyarakat sekitar, merupakan tempat yang suci atau sakral.

b.        Taman Bahari

Taman bahari pangandaran, sangat indah karena memiliki keaneka-ragaman biota laut yang mempesona. Dengan cara kita melihatnya dari atas sampai yang berlayar menuju ke kawasan cagar alam pangandaran.

c.         Patung Alam

Tempat dari kejahuan sebelah selatan dekat dengan tebing bagian selatan nampak sebuah batu besar yang berbentuk sebagai manusia. Kalau dilihat dari jarak jauh maka akan terlihat seperti seorang yang sedang bersemedi, tapi kalu di dekati tidak ubahnya batu biasa menonjol ke atas.

Konon patung tersebut emang asalnya dari seorang yang bersemedi. Saking lamanya ia bersemedi maka tubuhnya secara gaib berubah mengeras dan akhirnya manjadi batu karena sampai saat ini di sekitar patung batu tersebut masih terjaga oleh para pengawal Nyi blorong. Sampai sekarang ini tidak ada yang tau siapa yang bersemedi tersebut.

d.        Tenpat Bertelurnya Penyu

Di bawah tebing kira-kira 100 m ke arah utara, ada beberapa tempat sempit yang terletak di tepi pantai. Tempat tersebut merupakan surga bagi para penyu, sebab tempat tersebut dimanfaatkan sebagai sarang bertelurnya penyu pada musim-musim tertentu. Maka tidak heran jika tempat tersebut dilindungi oleh pemerintah Daerah setempatnya yang bertujuan menghindari dari jangkauan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Taman Wisata Pantai Pangandaran2Taman Wisata Pantai Pangandaran3Taman Wisata Pantai Pangandaran4Taman Wisata Pantai Pangandaran5

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Taman Wisata Pantai Pangandaran"

Posting Komentar