Cara Bongkar Pasang Gardan Mobil

1.        Tahap Persiapan
a)     Tata Tertib Dunia Usaha
-          Berdisiplin, jujur dan tanggungjawab
-          Menggunakan pakaian praktik
-          Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya
-          Menjaga kebersihan tempat kerja
-          Sebelum melakukan pembongkaran, tandai komponen agar tidak terluka
-          Bekerja sesuai dengan prosedur
b)     Keselamatan Kerja
-          Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan
-          Melakukan pelepasan, pengujian, dan penggantian komponen
-          Memperhatikan intruksi yang di sampaikan guru/ instruktur
-          Setelah selesai bereskan alat-alat yang telah digunakan

c)     Persiapan Alat dan Bahan
-          Unit gardan
-          Kunci ring
-          Kunci sock
-          Palu
-          Obeng
-          Pipa
-          Balok

2.        Tahap Pelaksanaan
a)     Pembongkaran :
-          Angkutan kendaraan
-          Mengeluarkan oli pelumas aksel
-          Melepas poros penggerak
clip_image001
Gambar 4.1 Melepas Poros Penggerak

-          Melepas roda dan tromol
clip_image002
Gambar 4.2 Melepas Tromol
-          Melepas poros-poros penggerak aksel
a)   Melepas bagian-bagian yang menghilangkan keluarnya poros penggerak aksel.
b)   Melepas mur penahan poros penggerak aksel.
c)   Tarik keluar poros penggerak aksel dengan palu luncur
d)  Lepas mur dan turunkan penggerak aksel dan dudukannya.
Perhatian : Jika sulit lepas gunakan obeng atau pahat hingga merusakkan paking/ permukaan dudukan.

-          Membongkar penggerak aksel
a)   Sebelum dibongkar telebih dahulu periksa/ mengukur celah kebebasan kontak gigi pinion dengan gigi korona.
b)   Beri tanda pada tutup bantalan.
c)   Lepas plat pengunci buat penyetel.
d)  Lepas baut pengikat tutup bantalan.
e)   Angkat keluar rumah differensial

clip_image003
Gambar 4.3 Membongkar Pembongkar Aksel
Perhatian : Baut penyetel, cicin bantalan bagian kiri dan kanan tidak boleh tertukar / beri tanda

-          Mengukur tinggi pinion dengan mistar dalam ukuran ini penting untuk control dalam pemasangan agar pinion dapat dipasang dengan baik / seperti semula.
-          Membongkar rumah differensial.
-          Melepas bantalan rumah differensial dan beri tanda / bantalan tidak boleh tertukar
-          Beri tanda lepas baut pengikat gigi
-          Korona sedikit demi sedikit dan menyilang
-          Melepas gigi korona ( jangan memukul di satu tempat hingga lepas)!
-          Lepas pasak dan keluarkan poros gigi planet
-          Mengeluarkan gigi planet dan gigi satelit, susun sesuai pemasangan hingga tak terjadi kesalahan

b)    Membongkar/ Melepas Poros Ponion:
-          Bebaskan pasak pengunci, lepas mur pengikat poros kemudian gunakan baler untuk melepas sil poros ponion
-          Melepas bantalan poros ponion, perhatian kedudukan poros harus tegak lurus terhadap alat pres, perhatian cincin pembatas pada bantalan jangan sampai hilang
-          Lepas cicin bantalan poros ponion perhatian saat mengepres batang penumbuk harus tegak lurus jangan menghilangkan cicin pembatas bila ada.

clip_image004clip_image005
Gambar 4.4. Membongkar/ Melepas Poros Ponion
c)     Pemeriksaan
-          Bersih semua penggerak aksel yang telah dibongkar
-          Bagian pasak mur pengikat flens
-          Kebebasan radial flens terhadap poros pinion
-          Setiap overhaul penggerak aksel sil poros pinion harus diganti baru
-          Keausan / permukaan kedudukan bantalan poros pinion
-          Keausan dudukan bantalan poros pinion
-          Keausan permukaan gerak bantalan
-          Keausan duduk bantalan rumah differensial
-          Keausan poros gigi planet
-          Keausan gigi planet dan gigi satelit
-          Kerusakan pasak poros gigi planet harus diganti
-          Keausan ring pembatas gigi planet dan ring pembatas gigi satelit

clip_image006
Gambar 4.5 Komponen-komponen Gardan

d)    Pemasangan
-          Memberikan oli pelumas penggerak aksel pada semua bagian yang akan dipasang
-          Setiap pekerjaan overhaulsil dan paking diganti baru
-          Dalam tahap-tahap pemasangan tanda harus kembali pada posisi semula

e)      Poros pinion
-          Memasang cincin luar bantalan poros pinion
-          Memasang sil poros pinion
-          Memasang bantalan poros pinion dengan ring pembatas sisi miring menghadap ke gigi pinion
-          Memasang poros pinion dengan pengencangan 130-200 Nm, dan jangan lupa memasang pipa pembatas control momen putar poros, jika
-          Memakai :Pipa pembatas baru 0,7-1,5 Nm, pipa pembatas lama 0,5 Nm
-          Mengukur / control pinion harus sama dengan semula
clip_image007
Gambar 4.6 Komponen-komponen Gardan

f)      Differensial
-          Perhatikan pemasangan ring pembatas bagian yang terdapat alur oli mengahadap ke gigi planet dan satelit
-          Memasang gigi differensial, control celah antara gigi planet dengan rumah differensial : 0,1 - 0,2 mm dan gigi-gigi harus dapat berputar halus
-          Memasang gigi korona dengan dipanaskan terlebih terdahulu, momen pengencangan 70-80 Nm.
-          Perhatikan ! jangan lupa pengunci baut harus terpasang
-          Sebelum dipasang tutup bantalan, baut penyetel harus dapat berputar dengan baik
-          Pasang tutup bantalan dan keraskan buat pengikat 2/3 dari moment pengerasan
-          Menyetel celah kebebasan antara gigi korona dengan gigi ponion 0,5-0,02 mm atau dilihat di buku data
-          Baut dudukan bantalan dikencangkan dengan moment pengencangan 70-90 Nm.kontrol pre-load keseluruhan = 1,7-2,5 Nm
-          Control keolengan pada gigi korona 0,07-0,03 mm
-          Memeriksa permukaan kontak, oleskan cairan pewarna / spidol non permanen pada gigi korona kemudian di putar hingga tampak bekas kontak permukaan gigi
-          Mengontrol sekali lagi celah kebebasan antara gigi pinion dan gigi korona
-          Memasang plat pengunci baut penyetel
clip_image008
Gambar 4.7 Differensial (Gardan)
g)     Memasang Penggerak Aksel
-          Bersihkan permukaan dudukan penggerak aksel
-          Bersihkan aksel biasanya pada bagian bawah terdapat bram
-          Pasang penggerak aksel, jangan lupa paking momen pengerasaan 16-22.Nm
-          Pasang poros aksel
-          Pasang poros penggerak aksel dan memeriksa kebebasan aksial poros
-          Mengisi oli penggerak aksel SAE 90 (Hipoid-oli)
clip_image009
Gambar 4.8 pemasangan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Bongkar Pasang Gardan Mobil"

Posting Komentar