Cara Memperkuat Jaringan WiFi Hotspot di Rumah

Cara Memperkuat Jaringan WiFi Hotspot di Rumah - Memasang jaringan wifi hotspot di rumah kadang menemui masalah ketika jangkauannya tidak sempurna di setiap sudut ruangan. Ya, itu merupakan hal wajar jika jaringan wifi hanya menggunakan satu access point saja. Sedangkan rumah memiliki banyak ruangan dan cukup luas.

Cara Memperkuat Jaringan WiFi Hotspot di Rumah

Tentu ini menjadi ketidaknyamanan tersendiri bagi kita jika ingin menggunakan jaringan wifi di rumah. Dan kadang kita akan terpaku di satu tempat saja. Padahal inginnya setiap ruangan bisa terjangkau sinyal wifi yang kuat.

Nah untuk itu kita perlu memperkuat jaringan wifi hotspot tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti :

1. Menempatkan Access Point di tempat yang terbuka dan lebih tinggi
Jika saat ini AP kamu berada di sudut ruangan atau dipojokan dan sulit letaknya di bawah, sebaiknya posisinya diganti ke tempat yang lebih tinggi.

Coba pasang di atas dan di ruangan yang lebih terbuka. Sehingga cakupun wifi hotspot nanti bisa lebih merata ke setiap ruangan.

2. Jauhkan AP dari perangkat elektronik lain
Kalau kamu merasa sinyal wifi kok tidak kuat, padahal posisinya sudah bagus, coba jangan tempatkan di dekat perangkat elektronik lain yang sedang menyala. Karena itu bisa mempengaruhi kekuatan sinyal wifi.

3. Memaksimalkan kekuatan jaringan wifi
Coba masuk ke pengaturan Access Point, biasanya di sana ada pengaturan untuk mengatur kekuatan sinyal wifi. Pilihlah angkat yang paling besar sehingga sinyal akan bisa dimaksimalkan.

4. Mengganti Antena Access Point
Apakah antena access point kamu cuma pendek? Coba ganti antena access point yang bisa memiliki jangkauan lebih luas. Karena antena inilah yang menentukan kekuatan sinyal wifi yang dipancarkan dari AP.

5. Pasang kipas pendingin
Access point pasti akan menyala terus dan kalau kualitas AP tidak bagus, dia akan cepat panas. Nah kalau sudah panas akan mempengaruhi performanya. Bisa jadi kekuatan sinyal menurun.

6. Pasang wifi range extender
Kalau pengen cara lebih efektif, coba pasang wifi range extender. Alat ini berfungsi untuk memperluas sinyal WiFi. Jadi sinyal wifi dari AP akan ditangkap oleh wifi extender lalu dipancarkan kembali dengan kekuatan yang lebih kuat. Saat ini banyak wifi extender yang dijual di pasaran.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Memperkuat Jaringan WiFi Hotspot di Rumah"