Ini Dia Penyebab Laptop Cepat Panas

Penyebab Laptop Cepat Panas - Pernah nggak sih ngalamin laptop baru digunakan sebentar tapi sudah panas dan bunyi fan atau kipasnya sangat kencang? Selain itu performa juga menjadi menurun.

Nah, masalah laptop cepat panas ini ternyata ada penyebabnya. Ada yang disebabkan karena faktor teknis, tetapi juga ada yang disebabkan karena faktor penggunanya itu sendiri.


Ada beberapa penyebab laptop cepat panas yang biasanya menjadi masalah bagi beberapa pengguna, diantaranya :

#Penggunaan yang tidak mengenal waktu
Ya, laptop itu tidak seperti komputer PC yang CPU nya bisa diotak-atik sehingga memberikan sirkulasi udara yang baik. Penggunaan laptop dalam waktu yang cukup lama, misalnya lebih dari dua hari, tentu akan membuat komponen di dalamnya cepat panas.

Hal tersebut diakibatkan karena dukungan sirkulasi udara dan suhu pada laptop tidak sebaik di komputer PC. Kalau di komputer PC kan kita bisa pasang fan di mana-mana lebih dari satu, nah kalau di laptop tidak bisa, masa mau bongkar laptop. :D

Jadi perhatikan waktu penggunaan.

#Cara meletakkan laptop
Nah, ini kadang yang juga membuat saya merasa risih dengan orang yang sembarangan meletakkan laptop. Kan laptop itu biasanya punya lubang sirkulasi udara di bagian bawah, samping atau belakang, nah jangan sampai sirkulasi ini tertutup.

Biasanya yang kerap dilakukan pengguna adalah meletakkannya di kasur. Jadi main laptop dengan meletakkannya di kasur tanpa dikasih alas.

Kasur itu kan kotor, berdebu, kalau dilangsung ditaruh begitu saja, artinya banyak debu yang masuk ke dalam laptop. Belum lagi kalalu sirkulasi udara ada di bawah, maka suhu panas yang ada di dalam laptop tidak bisa keluar dengan sempurna, akhirnya bisa menyebabkan kejadian fatal.

#Fan tidak berfungsi
Laptop itu umumnya cuma punya satu fan (kipas) yang berapa di dekat lubang pembuangan udara. Nah kalau fan tidak berfungsi normal, maka sirkulasi udara dan suhu tidak dapat berjalan baik. Inilah yang juga menjadi penyebabnya.

Hal seperti ini timbul dikarenakan banyaknya kotoran yang menempel di fan. Jadi fan menjadi seret susah memutar. Solusinya adalah dengan dibersihkan fannya.

#Thermal Paste Kering
Di prosesor dan bagian headsink itu ada thermal pastenya. Fungsi dari thermal paste ini adalah untuk mendinginkan suhu yang timbul dari prosesor.

Umumnya karena faktor usia, thermal paste ini akan berkurang performanya dan biasanya lama-lama kering. Nah kalau sudah kering artinya tidak mampu menurunkan suhu dengan optimal. Jadi perlu mengganti thermal paste dengan yang baru.

***
Nah, apabila laptop kamu memang dirasa cepat panas dan sering hang, sebaiknya segera dilakukan perbaikkan. Dari memperbaikinya ya dibongkar dan dibersihkan. Bersihkan perangkat di dalamnya dari debu-debu yang menempel lalu diberi thermal paste yang baru.

Dan jangan lupa juga setelah dibersihkan, kamu harus merawat dan menggunakannya dengan benar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Dia Penyebab Laptop Cepat Panas"

Posting Komentar