Cara Membuat Laporan PKL Siswa SMK & Contoh Laporan PKL

Cara Membuat Laporan PKL Siswa SMK - Apabila kamu sekolah di kejuruan, sudah barang tentu akan melewati masa-masa yang namanya PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Tujuan diadakannya PKL ini agar siswa dapat menyerap dan mempraktekan langsung ilmu yang telah dipelajari di kelas (sekolah) ke dalam dunia bisnis.

Cara Membuat Laporan PKL Siswa SMK

Dengan adanya PKL ini juga bisa menilai tingkat kemampuan siswa apakah sudah mampu mengambil materi yang telah di diberikan atau belum. Selain itu PKL juga menjadi bekal bagi siswa itu sendiri agar ketika lulus nanti bisa langsung terjun ke dunia kerja dengan skill dan pengalaman yang telah didapatkan.

Wajar jika PKL dilakukan setahun sebelum kelulusan.

Nah, tugas siswa selain mengikuti PKL, juga harus membuat laporan PKL yang nantinya diserahkan ke pihak sekolah dan perusahaan yang digunakan untuk PKL.

Laporan PKL dimaksudkan agar siswa dapat membuat kesimpulan dari hasil PKL nya. Sehingga dari situ nanti siswa dapat memiliki acuan yang dapat ditingkatkan ketika nanti masuk ke dunia kerja.

Sayangnya banyak siswa yang kesulitan membuat laporan PKL. Apalagi anak-anak SMK yang doyannya cuma praktek. Tapi tenang, membuat laporan PKL itu mudah, asal tahu caranya.

Kali ini kami ingin memberikan sedikit informasi mengenai apa saja yang harus ada pada laporan PKL. Silakan simak!

# Pendahuluan

Di Bab pendahuluan ini menjelaskan tentang latar belakang Anda melakukan praktek kerja lapangan. Biasanya di dalam bab ini ada poin-poin yang menjelaskan tentang :

  • Latar Belakang. Berisi tentang alasan-alasan mengapa harus melakukan kegiatan (PKL) ini.
  • Maksud dan Tujuan, Berisi tentang maksud dan tujuan apa Anda melakukan kegiatan ini.
  • Waktu dan Tempat, menjelaskan kapan praktek dilakukan dan dimana dilakukan.
  • Dasar Penulisan Laporan
  • Perumusan Masalah, di poini ini Anda bisa merumuskan hal yang ingin disampaikan dalam laporan ini.
  • Teknik Pengumpulan Data, Dalam membuat laporan pastinya menggunakan teknik pengumpulan data misalnya wawancara, pengamatan, atau lainnya.

# Profil Perusahaan

Lalu bab kedua adalah tentang Profil perusahaan yang Anda gunakan untuk tempat PKL. Di dalam bab ini bisa dijelaskan mengenai sejarah perusahaan, visi misi perusahaan, jenis usahanya, kondisi perusahaan secara umum, serta manajemen perusahaan.

# Isi Kegiatan

Di bab Kegiatan Praktek Kerja Industri/Lapangan ini menjelaskan tentang kesimpulan dan isi dari hasil PKL. Mulai dari rencana kegiatan, pelaksanaannya hingga hasil kegiatan.

Selain itu juga disertai kesimpulan dan saran untuk pihak perusahaan.

***
Itu beberapa bab penting yang harus ada pada laporan PKL siswa SMK. Sebagai referensi, Anda bisa mengunduh contoh laporan PKL siswa SMK di sini. Namun perlu diingat, contoh ini bukan untuk ditiru, tetapi sebagai bahan acuan dan referensi Anda dalam membuat laporan PKL.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Laporan PKL Siswa SMK & Contoh Laporan PKL"

Posting Komentar