Fungsi-fungsi Uang

fungsi uangSecara umum, uang berarti sesuatu yang berfungsi sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum pada suatu wilayah dan pada kurun waktu tertentu. Sedangkan fungsi uang menurut Corner 23 setelah membaca beberapa sumber adalah sebagai berikut:
A.    Fungsi Asli Uang
Fungsi asli uang adalah fungsi uang yang merujuk kepada fungsi sebenarnya yang melatarbelakangi tujuan awal diciptakanya uang tersebut.
1.  Sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yang berarti bahwa uang sebagai alat untuk pertukaran dan dengan fungsinya ini uang dapat mengatasi kesulitan dalam pertukaran yang secara natura (barter).
2.  Sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu uang berfungsi untuk menilai suatu barang atau jasa, dan berguna juga untuk menentukan harganya.
B.    Fungsi Turunan Uang
1.  Sebagai alat pembayaran (means of payment), yaitu uang berfungsi untuk membayar sebuah kegiatan transaksi, contohnya pembayaran tunggakan pajak, jual-beli, iuran, dan lain-lain.
2.  Sebagai pembayaran hutang (standard of deferred payment), yaitu fungsi uang membayar kewajiban hutang piutang.
3.  Simpanan kekayaan yang berarti uang dapat disimpan dengan tujuan sebagai persediaan untuk digunakan pada waktu yang akan datang.
4.  Sebagai alat pembentukan modal dan pemindahan modal (transfer of value), yaitu uang berfungsi untuk menambah atau memperbesar modal usaha, baik dipergunakan sendiri maupun dipinjamkan kepada orang lain.
5.  Sebagai ukuran harga atau pengukur nilai (standard of value), yaitu fungsi uang sebagai alat untuk menentukan harga barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
Demikianlah fungsi-fungsi uang yang dapat corner 23 bagikan, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi-fungsi Uang"

Posting Komentar