Makna Konser bagi Iwan Fals

Makna Konser bagi Iwan Fals yang Corner 23 salin dari http://cumadiindonesia.com/ yang sumber asalnya tentusaja dari http://iwanfals.co.id/ adalah:

konser iwan fals2

Pertama, konser adalah silaturahmi. Jika konser dimaknai menjadi tempat silaturahmi maka tidak ada niat jahat untuk membuat kekacauan malah yang ada adalah saling menghormati dan saling menikmati suasana konser. Bayangkan disitu ada orang berdagang makanan, minuman, kaos, dan lain-lain. Belum lagi pasangan kekasih yang ingin menikmati hiburan dengan menyenangkan. Termasuk anak-anak yang sudah mulai mengenal dengan lagu-lagu Iwan Fals. Mereka berkumpul tentunya orang-orang baik yang datang baik-baik menikmati suasana konser dengan bekal saling asah saling asih saling asuh.

Kedua, konser adalah pohon. Pohon menjadi jawaban untuk menghadapi kehancuran peradaban manusia. Bahwa pertumbuhan pohon tidaklah secepat penebangannya dan satu pohon dewasa mampu mencukupi oksigen 2 orang manusia maka setiap konser Iwan Fals bukan sekedar seruan untuk menanam pohon tetapi berbuat melakukan aksi nyata. “ Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata “ : ungkap WS Rendra.

Ketiga, konser adalah sampah. Perlu keteladanan mulai dari diri sendiri terhadap kebersihan sekitar semisal tidak membuang puntung rokok sembarangan. Ingat, sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil-kecil dulu. Iwan Fals memberikan apresiasi luar biasa kepada penonton di sebuah lapangan konser yang mampu menjaga kebersihan. Datang sebelum konser bersih pulang setelah konser lebih bersih. Konser yang sukses adalah konser dengan indikator penonton yang tidak mengotori dan memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Sehingga movement ini menjadi gerakan bersama untuk dikabarkan kepada banyak orang agar menjadi budaya Indonesia.

Keempat, konser adalah kemandirian.  Penonton datang berduyun-duyun atas dasar panggilan hati karena cinta bukan atas dorongan diiming-imingi sesuatu atau digerakan oleh kelompok tertentu. Kemandirian adalah sebuah sikap berani memberikan inspirasi untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Begitulah sang maestro memaknai konser-konsernya, semoga saja kita bisa pergi ke konser atas kemandirian jiwa kita bukan terpaksa oleh siapapun dan apapun, dan semoga dengan kita pergi ke konser-konser kita terus dapat menjalin silaturahmi dan mengambil nilai positif atau menanam nilai positif walau satu hal. Dan jangan lupa karena konser-konser itu menghasilkan sampah, maka kita bersama-sama harus bertanggungjawab juga atas sampah-sampah tersebut.

konser kantata taqwaEsek esek udug udugkonser iwan falsiwan fals menanam pohon bersama SBY

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makna Konser bagi Iwan Fals"

Posting Komentar