Pebedaan dan Kelebihan Windows x64 atau Windows 64 bit dengan Windows x86 atau Windows 32 bit

Pebedaan dan Kelebihan Windows x64 atau Windows 64 bit dengan Windows x86 atau Windows 32 bit

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi komputer pada masa ini, kecepatan pemrosesan data komputer-komputerpun semakin cepat. Kita yang pada saat ini menggunakan OS Windows, kita telahpun terbiasa dengan istilah Windows x86 atau lebih populer dengan istilah Windows 32 bit, dan sekarang ini kita mulai mengenal versi Windows yang baru yaitu Windows x64 atau juga disebut Windows 64 bit.

Pada postingan kali ini Corner 23 ingin mengungkap sedikit tentang kedua versi Windows ini beserta pebedaan dan kelebihanya.

Pada dasarnya Windows x64 atau Windows 64 bit  adalah sama dengan Windows x86 atau Windows 32 bit perbedaan diatara keduanya adalah lebih kepada peningkatan atau pengembangan dari versi sebelumnya, atau dapat kita simpulkan bahwa Windows x64 atau Windows 64 bit adalah merupakan pengembangan dari Windows x86 atau Windows 32 bit.

Sedangkan kalau kita mencari kelebihan atau bisa juga disebut perbedaan dari keduanya adalah diantaranya sebagai berikut :

1.        Mengacu kepada arsitektur processor yang digunakannya: Jika pada Windows x86 atau yang biasa disebut dengan Windows 32 bit, register yang berada di dalamnya memiliki ukuran 32 bit, maka pada x64 atau yang biasa disebut dengan Windows 64 bit memiliki register dengan ukuran sebesar 64 bit. Jumlah bit disini menunjukan banyaknya bit yang dapat diproses dalam satu siklus pemrosesan data. Hal ini berarti bahwa Windows x64 atau Windows 64 bit mampu memproses data sebanyak 64 bit dalam satu siklus pemrosesan, sedangkan Windows x86 atau Windows 32 bit hanya mampu memproses data sebesar 32 bit dalam satu siklus pemrosesan.

2.        Mengacu kepada penggunaan RAM maksimal : Pada Windows x64 atau Windows 64 bit dapat menggunakan RAM hingga 192 GB, sedangkan pada Windows x86 atau Windows 32 bit penggunaan RAMnya dibatasi hanya sampai 4 GB.

3.        Mengacu kepada keamanan data : Windows x64 atau Windows 64 bit akan lebih aman karena driver-drivernya penunjangnya saja harus berasal dari vendor yang sudah mendapat sertifikasi dari pihak Windows sendiri, dengan demikian maka program-program jahat seperti virus akan sulit sekali untuk menginangi dan menembus software-software yang akan diinstal dengan Windows x64 atau Windows 64 bit.

Dengan kemampuanya yang lebih cepat dalam pemosesan data, maka Windows x64 atau Windows 64 bit lebih akan lebih cocok apabila kita akan mengolah data-data yang berat dan banyak memakan memori seperti pengeditan multimedia termasuk mengedit video.

Pebedaan dan Kelebihan Windows x64 atau Windows 64 bit dengan Windows x86 atau Windows 32 bit2Pebedaan dan Kelebihan Windows x64 atau Windows 64 bit dengan Windows x86 atau Windows 32 bit3




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pebedaan dan Kelebihan Windows x64 atau Windows 64 bit dengan Windows x86 atau Windows 32 bit"

Posting Komentar