Kelainan-kelainan dan Penyakit-penyakit pada Sistem Ekskresi

Ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat sisa dari proses metabolisme tubuh yang berupa zat cair atau zat gas dari dalam tubuh. Organ-organ tubuh yang berfungsi dalam proses ekskresi adalah Ginjal, paru-paru, hati dan kulit.

Organ-organ eksresi dapat mengalami gangguan yang sdisebabkan oleh adanya kelainan atau penyakit, kelainan dan penyakit tersebut terjadi pada ginjal dan kulit diantaranya :

A.  Kelainan dan Penyakit pada Ginjal

1.    Batu Ginjal

clip_image001Batu ginjal berbentuk Kristal, tidak bisa larut dalam air dan mengandung kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kadung kemih.

Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan kurang dalam mengkonsumsi air minum. Pada kasus yang lebih parah batu ginjal dapat menimbulkan hidronefrosis. Hidronefrosis ini adalah membesarnya ginjal karena urine tersumbat oleh batu ginjal dan tidak dapat mengalir keluar.

2.    Nefretis

Nefretis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Nefritis biasanya disebabkan adanya bakteri Streptococcus.

3.    Glukosuria

Penyakit ini sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes mellitus). Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. Penyakit ini terjadi karena kadar glukosa dalam darah meningkat karena hormon insulin, dan Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa, sehingga glukosa dibuang bersama urine.

4.    Hematuria

Hematuria adalah penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria karena iritasi akibat gesekan batu ginjal.

 

B.  Kelainan dan Penyakit pada Kulit

1.    Skabies

Skabies disebut juga "seven-year itch". Penyakit ini disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (Sarvoptes Scabies).

Penyakit ini bersifat menular.

2.    Eksim

clip_image002

Eksim atau sering disebut eksema, atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Eksim merupakan penyakit kulit yang akut atau kronis. Penyakit tersebut menyebabkan kulit menjadi kering, kemerah-merahan, gatal-gatal, dan bersisik.

3.    Jerawat

clip_image003

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat biasanya menyerang bagian wajah, dada bagian atas, dan punggung. Cara pencegahan timbulnya jerawat yang paling mudah yaitu makan makanan yang seimbang, cukup tidur dan olah raga, serta rajin menjaga kebersihan kulit.

4.    Biang Keringat

Biang Keringat dapat mengenai siapa saja, baik anak-anak, remaja, atau orang tua. Biang Keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintik kemerahan disertai gatal. Daki, debu dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat. Orang yang tinggal di daerah tropis yang kelembapannya rendah, akan lebih mudah terkena biang keringat.

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kelainan-kelainan dan Penyakit-penyakit pada Sistem Ekskresi"

Posting Komentar