Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Penyebab bau mulut yang paling sering ditemukan adalah disebabkan karena keringnya mulut dan kotornya rongga-rongga dalam mulut, tetapi selain dari itu bau mulut juga disebabkan oleh karena adanya gangguan dalam perut atau gangguan pencernaan. Dan bagi kita yang sedang berpuasa yang tidak melakukan makan minum semenjak subuh sampai magrib, bau mulut sangat dimungkinkan terjadi pada diri kita, bahkan untuk menghibur dan mewajarkan hal tersebut para guru kita mengibaratkan bau mulutnya seorang yang berpuasa adalah laksana harum wangi kasturi. walaupun demikian, bau mulut tetap membuat kita risih dan membuat kita kurang bebas bergaul dan berbincang-bincang.

Walau bau mulut dianggap wajar bagi orang yang sedang berpuasa tetapi sebaiknya kita berusaha untuk paling tidak mengurangi bau mulut saat kita berpuasa. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan sebagai tips mengatasi bau mulut saat berpuasa yang dapat kita praktikan, seperti :

tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (5)tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (6)

Menyikat gigi dengan baik dan benar terutama saat berbuka dan setelah makan sahur.  Dengan menggosok gigi maka sisa-sisa makanan akan dapat kita bersihkan dan tidak menempal pada celah-celah gig. Gosoklah gigi menggunakan pasta gigi yang baik, jangan sampai kita menggunakan pasta gigi yang mengandung detergent, sebab ianya akan membuat mulut kita menjadi kering dan tentunya malah akan membuat mulut kita bau.

Pada saat sahur, usahakan untuk minum air setidaknya 2 – 3 gelas. Minum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa yang disebabkan oleh keringnya mulut. Minum banyak air juga akan menjaga tubuh tetap segar dan menghindarkan dehidrasi.

tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (9)tips mengatasi bau mulut saat berpuasa

Berkumur terbukti membantu membersihkan mulut. Saat berwudlu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya di sela-sela gigi. Sebagai tambahan, anda dapat menggunakan mouthwash (obat kumur) yang tidak mengandung alkohol. Alkohol tentu saja dilarang dan efeknya justru akan memperkering mulut. Pastikan anda tidak menelannya saat berkumur.

tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (7)tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (8)

Bersiwak atau sikat gigi untuk membersihkan gigi dan lidah. Sejumlah penelitian internasional membuktikan bahwa siwak (atau miswak, sewak) sangat efektif untuk membersihkan mulut, dan tentu saja ini juga dianjurkan oleh Nabi SAW dan merupakan satu ibadah sunnah.

tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (10)tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (11)

Mengkonsumsi Teh hijau, karena mengandung zat aktif yang dapat membunuh bakteri di mulut, dan menghapus gula dari plak dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (12)tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (13)

Berhenti merokok. Atau paling lidak menguranginya. Hindarkan merokok setelah makan sahur apalagi setelah menyikat gigi dan berkumur.

Kondisi perut yang buruk juga bisa menyebabkan bau mulut. Pastikan anda juga mengatasi masalah perut (misalnya maag), juga perhatikan asupan makanan di saat sahur dan berbuka. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit serta tidak memperhatikan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka dapat menyebabkan berbagai gangguan perut. Oleh karena itu, meski sedang berpuasa, anda tetap wajib memperhatikan seberapa banyak asupan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (2)tips mengatasi bau mulut saat berpuasa (3)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa"

Posting Komentar