SENI KAUL SUNDA KEARIFAN LOKAL YANG HAMPIR PUNAH



Seni Kaul merupakan sebuah kearifan lokal Sunda yang merupakan suatu tradisi yang disajaikan pada pesta pernikahan orang sunda dan erat hubunganya dengan seni "Nyawer".
Seni Kaul merupakan kesenian buhun peninggalan nenek moyang Urang Sunda. yang biasanya ditampilkan pada acara pernikahan orang sudnda pada acara sawer dan sembah sungkem.
Seni Kaul adalah seni suara dimana seorang melantunkan syair-syair yang berisi nasihat-nasihat khususnya untuk kedua mempelai yang baru saja melaksanakan ijab qobul pernikahan. Seni Kaul yang lengkap biasanya diiringi musik, tapi pada acara yang lebih sederhana biasanya tidak ada musik pengiring seperti pada contoh seni kaul pada video Kami di atas.
Pada video di atas Kami tampilkan contoh penyajian seni kaul yang sederhana tanpa musik pengiring. disana kan sahabat perhatikan lirik-lirik syairnya, syair-syair nasihat orang tua kepada kedua mempelai yang akan mengarungi lautan kehidupan rumah tangga. Kalau sahabat ingin tahu lebih jauh tentang contoh kaul tersebut, sahabat tinggal tonton langsung videonya di Youtube.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "SENI KAUL SUNDA KEARIFAN LOKAL YANG HAMPIR PUNAH"

Posting Komentar