CARA SAMBUNG PUCUK AGAR KOPI BERBUAH LEBAT


Kopi merupakan salah-satu komoditi perkebunan yang potensial untuk dikembangkan, selain karena kebutuhanya terus meningkat, harga pasaran kopi juga termasuk stabil bila dibandingkan dengan komoditi perkebunan lainya. Salah-satu upaya untuk meningkatkan produksi secara intensifikasi lahan adalah dengan menerapkan pola sambung pucuk. Cara sambung pucuk dilakukan agar buah kopi menjadi lebat karena dengan sambung pucuk kita dapat menyambung bakalan pohon kopi dengan entres bibit kopi yang kita inginkan, selain daripada itu sambung pucuk juga bisa berarti peremajaan pohon kopi yang sudah kurang produktif.
Dalam praktiknya di kebun, bila kita menguasai teknik sambung pucuk, kalau kita mempunyai kebun kopi yang sudah kurang produktif, kita tinggal membersihkan lahan dari rumput dan gulma, kemudian tebanglah pohon-pohon kopi sekitar setinggi 1,2 meter dari tanah, lalu kita sambung dengan entres dari kopi jenis bibit unggul. pemilihan entres hendaklah gunakan tunas-tunas raja, jangan lupa untuk mengatasi penguapan, tutuplah hasil sambung pucuk kita dengan plastik dan diikat sampai kedap udara. Hasil dari penyambungan ini dapat kita lihat di video.
Tunas raja adalah tunas yang tumbuh dari cabang produksi yang tumbuh ke atas, ciri lainya tunas-tunas yang tumbuh dari tunas raja sudah berbentuk kipas, atau tunas yang ideal untuk dijadikan cabang produksi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA SAMBUNG PUCUK AGAR KOPI BERBUAH LEBAT"

Posting Komentar