PENGERTIAN, MACAM-MACAM DAN FAKTOR PENYEBAB PENGANGGURAN

PENGERTIAN, MACAM-MACAM DAN FAKTOR PENYEBAB PENGANGGURAN1.        Pengertian Pengangguran.
Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja sama sekali, sedangkan mencari pekerjaan sangat sulit dan mendapatkan pekerjaan yang layak itu sangat sulit bagi dirinya. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.
Pengangguran tidak dapat dielak oleh suatu bangsa sebagai suatu permasalahan yang harus dihadapi sekaligus mencari solusinya.  Pada faktanya masalah pengangguran yang dihadapi oleh suatu bangsa tidak bisa dihilangkan namun hanya bisa diminimalisir,  tapi hal itu juga sangat sulit karena masalah pengangguran berkaitan dengan masalah lapangan pekerjaan yang tersedia dan tempat yang ada, sedangkan di Indonesia lapangan pekerjaan hanyalah sedikit dan hanya di tempati oleh orang-orang itu saja sedangkan tiap tahun angka pengangguran semakin meningkat dan tidak bisa  terkendalikan dan juga tanah yang ada di Indonesia semakin sedikit karena telah digunakan untuk pembangunan rumah dan lain-lain.
Dan orang yang telah mempunyai lapangan pekerjaan atau seorang manajer hanya memperkerjakan sanak familinya sendiri di dalam perusahaannya sehingga tiada celah pintu untuk orang lain masuk pada perusahaan tersebut. Dalam menyikapi permasalahan tersebut suatu negara akan terus berusaha mencari solusinya dan berusaha mendirikan lapangan kerja baru untuk menampung para penganggur yang ada sekaligus menguranginya.

2.        Macam-macam Pengangguran
a.   Pengangguran Friksional
Pengangguran friksional adalah pengangguran yang disebabkan adanya  lamaran pekerja artinya pengangguran ini disebabkan karena ketinggalan informasi, dan penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pembuka lapangan kerja. Semakin maju suatu perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
b.   Pengangguran Musiman
Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur. Contohnya seperti petani yang menanti musim tanam, tukang jualan durian yang menanti musim durian.
c.    Pengangguran Siklikal
Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.
3.        Penyebab Pengangguran
Pengangguran terjadi karena beberapa sebab atau faktor, diantaranya sebagai berikut;
a.   Faktor Friksional
Faktor friksional menyebabkan para pencari kerja tidak tahu bahwa ada lowongan yang sesuai dengan keinginan mereka. Sehinga lowongan tersebut tidak bisa diisi dan menimbulkan pengangguran yang jumlahnya tidak banyak dan tidak berpengaruh terhadap perekonomian secara keseluruhan.
b.    Faktor Siklus Bisnis
Umumnya perusahaan mengalami masa-masa menurunnya permintaan agregat sehingga pasar menjadi lesu dan berakibat pada sedikitnya permintaan terhadap produksi sehingga memaksa perusahaan mengurangi pekerja dengan jalan mengajukan PHK atau pensiun dini kepada pekerjanya sehingga pekerja tersebut tidak mempunyai pekerjaan lagi.
c.    Faktor Struktural
Adalah pengangguran yang terjadi karena seseorang diberhentikan oleh perusahaan, karena kondisi perusahaan yang sedang mengalami kemunduran usaha sehingga terpaksa mengurangi tenaga kerja.
d.    Faktor Teknologi
Seperti penemuan mesin baru dan pemakaian robot dalam proses produksi. Sehingga kepedulian terhadap tenaga kerja manusia semakin berkurag karena sudah ada teknologi yang lebih canggih dibandingkan tenaga manusia.
e.    Faktor Lapangan Kerja
Lapangan kerja yang tersedia lebih sedikit dibandingkan dengan angkatan kerja, sehingga pengangguran yang tejadi di Indonesia semakin meningkat.
f.     Kebijakan Pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat
Kebijakan Pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat akan menimbulkan pengangguran baru, Menurut Menakertrans, kenaikan BBM terbaru telah menambah pengangguran sekitar 1 juta orang. Kebijakan Pemerintah yang lebih menekankan pada pertumbuhan ekonomi bukan pemerataan juga mengakibatkan banyak ketimpangan dan pengangguran. Banyaknya pembukaan industri tanpa memperhatikan dampak lingkungan telah mengakibatkan pencemaran dan mematikan lapangan kerja yang sudah ada.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PENGERTIAN, MACAM-MACAM DAN FAKTOR PENYEBAB PENGANGGURAN"

Posting Komentar