PROSES SOSIALISASI

PROSES SOSIALISASI
A.    Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi adalah suatu proses yang dapat membantu individu melalui proses belajar dan penyesuaian diri agar ia dapat berperan dalam kelompoknya.

B.     Tujuan Sosialisasi
Sosialisasi bertujuan sebagai berikut :
1.    Sosialisasi merupakan proses panjang dari interaksi sosial yang terus menerus, tempat individu memperoleh indentitas diri secara fisik, mental, dan kemampuan sosial yang dibutuhkan untuk bertahan di masyarakat.
2.    Sosialisasi memungkinkan seseorang untuk mengembangkan potensi sisi kemampuan serta belajar cara berkemampuan serta belajar cara berfikir, berbicara, dan bertindak yang dibutuhkan dalam kehidupan sosial.
3.    Sosialisasi merupakan kebutuhan individu untuk bertahan dan berkembang
4.    Sosialisasi juga penting untuk bertahan dalam stabilitas masyarakat
5.    Sosialisasi memungkinkan masyarakat untuk meniru diri sendiri dengan menilai kebudayaannya sendiri dari satu generasi ke generasi yang akan datang.
Sosialisasi dapat dilakukan dengan banyak cara diantaranya trial and error (coba-coba) dan conditioning yaitu dengan memberikan reaksi sebagaimana diharapkan dan diajarkan terlebih dahulu berdasarkan pengalaman yang menyenangkan atau tidak menyenangkan.

C.    Media Sosialisasi
Media sosialisasi terdiri atas :
1.    Keluarga
2.    Sekolah
3.    Group
4.    Media massa.

D.    Fungsi Nilai dan Norma Dalam Sosialisasi
1.      Nilai sosial adalah petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama dan mengarahkan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Jadi nilai sangat dibutuhkan mengingat nilai merupakan pedoman untuk mengatur prilaku sosial manusia dalam sosialisasi.
2.      Norma
3.      Norma merupakan patokan perilaku dalam suatu kelompok tertentu. Norma akan memberi kemungkinan pada seseorang untuk menentukan terlebih dahulu apakah tindakan yang akan dilakukan dapat merugiakan atau memberi manfaat bagi pihak lain.
Selain mengatur perilaku, norma juga dibuat untuk memelihara dan meningkatkan ketertiban diantara individu-individu yang memiliki kepentingan yang berbeda.
Adapun jenis-jenis norma sebagai berikut :
a.    Norma agama
b.    Norma kesusilaan
c.    Norma kesopanan
d.   Norma kebiasaan
e.    Norma hukum

E.     Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukan Kepribadian
Kepribadian adalah ciri watak seseorang individu yang bersifat hakiki pada sikap seseorang yang membedakannya dari orang lain.
Kepribadian juga merupakan organisasi dari faktor-faktor biologis, sosiologis, dan psikologis yang mendasari prilaku individu. Dengan demikian kepribadian seseorang meliputi kebiasaan, sikap, dan sifat yang khas yang dimiliki seseorang yang terus berkembang apabila ia berhubungan dengan orang lain.

F.     Status dan Peran dalam Membuat Kepribadian Masyarakat
1.    Status adalah posisi yang dimiliki seseorang dalam suatu kelompok.
Status sosial menunjukkan kedudukan atau posisi seseorang dalam lingkungan masyarakat.
2.    Peran Sosial
Peran merupakan tindakan atau perilaku yang diharapkan dari seseorang karena posisi atau status yang dimilikinya. Dimana ada status, disitulah akan muncul peran, artinya antara status dan peran tidak dapat dipisahkan.
Semakin banyak posisi sosial yang dimilikinya akan semakin banyak pula peran yang harus dimainkannya. Besarnya peran seseorang dalam masyarakat menunjukkan semakin berhasilnya orang tersebut dalam bersosialisasi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PROSES SOSIALISASI"

Posting Komentar