IC TTL dan Gerbang-gerbang Logikanya

IC (Integrated Circuit) adalah komponen elektronik yang dibuat dari bahan semi konduktor dan merupakan gabungan dari beberapa komponen seperti Resistor, Kapasitor, Dioda dan Transistor yang telah terintegrasi menjadi sebuah rangkaian berbentuk chip.

IC digunakan untuk beberapa keperluan pembuatan peralatan elektronik agar mudah dirangkai menjadi peralatan yang berukuran relatif kecil.

IC SN 7400

IC TTL (IC Transistor Transistor Logic)

IC TTL ditemukan oleh James L. Buie dari perusahaan TRW. IC TTL komersial pertama dibuat oleh Perusahaan Sylvania pada 1963, dinamai IC Sylvania Universal High-Level Logic family (SUHL). Peranti dari Sylvania ini digunakan dalam misil Phoenix. IC TTL menjadi terkenal setelah Texas Instruments memperkenalkan IC TTL seri 5400, dengan daerah suhu untuk militer, pada 1964 dan pada akhirnya IC TTL seri 7400 pada Tahun 1966 dengan daerah suhu yang lebih rendah. Keluarga IC TTL 7400 dari Texas Instrument menjadi standar industri. Peranti IC jenis ini sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan seperti Motorola, AMD, Fairchild, Intel, Intersil, Signetics, Mullard, Siemens, SGS-Thomson/ST microelectronic dan National Semiconductor, dan banyak perusahaan lainnya, bahkan di bekas Uni Soviet. Kemudian IC dengan seri 74 AS/ALS Advanced Schottky, dikenalkan pada 1985, dan masih banyak digunakan hingga sekarang.

IC TTL memadukan ratusan transistor. Oleh karena itu dianggap sebagai kelebihan yang dipunyai sebuakh komponen elektronik karena hanya dengan satu kemasan dapat berfungsi merangkum beberapa gerbang logika hingga mikroprosesor. Kelebihan IC TTL yang lainya adalah karean harganya dianggap cukup murah.

Kenbak-1, salah satu komputer pribadi pertama, menggunakan TTL untuk CPU daripada menggunakan mikroprosesor yang belum tersedia pada tahun 1971. 1973 Xerox Alto dan 1981 Star, yang mengenalkan GUI, menggunakan sirkuit TTL pada taraf ALU. Banyak komputer yang menggunakan logika kompatibel-TTL hingga tahun 1990-an. Hingga penemuan logika dapat diprogramkan, logika dwikutub tersendiri digunakan untuk percobaan dan pengembangan sirkuit digital terpadu lainnya.

Dalam satu kemasan IC terdapat beberapa macam gate (gerbang) yang dapat melakukan berbagai macam fungsi logic seperti AND, NAND, OR, NOR, XOR serta beberapa fungsi logic lainnya seperti Decoder, Encoder, Multiflexer dan Memory.

Gerbang Logika sering juga disebut Rangkaian Logika hal ini dikarenakan analisis Gerbang Logika menggunakan Aljabar Boolean. Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih sinyal masukan untuk menghasilkan satu sinyal tegangan tinggi (Logika tinggi [1]) atau tegangan rendah (Logika rendah [0]).

Gerbang logika merupakan dasar pembentukan sistem digital, beroperasi dengan menggunakan bilangan biner, sehingga disebut juga gerbang logika biner. Tegangan yang digunakan dalam gerbang logika adalah tinggi atau rendah. Tegangan tinggi berarti 1(LED menyala), sedangkan tegangan rendah berarti 0 (LED padam).

Rangkaian logika sering kita temukan dalam sirkuit digital (Integrated Circuit) yang diimplemetasikan secara elekrtonik dengan menggunakan dioda atau transistor.

Gerbang logika pada umumnya ada 7 jenis yaitu, gerbang AND, OR, NOT, NAND, NOR, EX-OR dan EX-NOR.

 

 

1.    Gerbang AND

Gerbang AND menggunakan IC TTL tipe SN 7408. Pada gerbang AND jika  kedua  input  berada  pada  keadaan  1,  maka  output  akan  berada  pada  keadaan logic  1.  Jika selain keadaan itu output  akan  berada  pada keadaan logic 0.

Gerbang AND dengan IC 7408

 IC SN 7408

clip_image002

clip_image004

2.    Gerbang OR

Gerbang  OR  menggunakan  IC  TTL  tipe  SN  7432.  Pada  gerbang  OR  jika, salah  satu  input berada pada  logic 1,  maka output  akan berada pada  logic  1.

Gerbang OR dengan IC 7432

 IC SN 7432

clip_image006

clip_image008

3.    Gerbang NOT

Gerbang  NOT  menggunakan  IC  TTL  tipe  SN 7404.  Pada gerbang  NOT  ini hanya  digunakan  1  input.  Jika  input  pada  keadaan  logik  0  maka  output akan berada pada logic 1, dan begitu pula sebaliknya.

Gerbang NOT dengan IC 7404

 IC SN 7404

clip_image010

clip_image012

4.    Gerbang NAND

Gerbang NAND menggunakan IC TTL  tipe SN  7400.  Pada  Gerbang NAND akan  terjadi  kebalikan  dari  gerbang  AND.  Saat  kedua  input  berada  pada logic 1 output justru akan mati, selain itu keadaan output akan berada pada logic 1.

Gerbang NAND dengan IC 7400

 IC SN 7400 baru

clip_image014

clip_image016

5.    Gerbang NOR

Gerbang  NOR  menggunakan  IC  TTL  tibe  SN7402.  Gerbang  NOR  akan terjadi  kebalikan  dari  gerbang  OR.  Pada  saat  kedua  input  berada  pada keadaan logic 0, maka output akan berada pada keadaan logik 1.

Gerbang NOR dengan IC 7402

 IC SN 7402

clip_image018

clip_image020

6.    Gerbang Ex-OR

Gerbang  EX-OR berfungsi  untuk  mendeteksi  keadaan-keadaan  logic  yang berbeda  diantara  kedua  inputnya.  Jika  kedua  inputnya  mempunyai  logic yang  berbeda,  maka  output  akan  berlogika  1.  Tetapi  jika  kedua  inputnya berada  pada  keadaan  logic  yang  sama,  maka  outputnya  akan  mempunyai logic 0.

Gerbang Ex-OR dengan IC 7486

 IC SN 7486

clip_image022

clip_image024

 

7.    Gerbang Ex-NOR

Gerbang  Ex-NOR  disebut  juga  dengan  gerbang  pembanding.  Gerbang  ini juga  kebalikan  dari  gerbang  Ex-OR.  Pada  saat  kedua  logic  berada  pada keadaan sama, maka output akan mempunyai logic 1.

Gerbang Ex-NOR dengan IC 7404, 7408, 7432, 7404 (NOT, AND, OR, NOT)

clip_image026

clip_image028

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "IC TTL dan Gerbang-gerbang Logikanya"