Cara Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Belajar



Cara mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar
Manusia terus berkembang, termasuk otak kita. Karena itu otak perlu ditambahi hal-hal baru. Untuk keperluan itu, perluaslah pengetahuan dengan cara terus belajar terhadap hal-hal baru. Menimba ilmu tidak harus melalui sebuah instansi. Tetapi bisa dilakukan sendiri, misalnya membaca buku atau belajar dari lingkungan sekitar.
Seperti saat kita masih kanak-kanak, setiap kali mendapat mainan baru, hari-hari akan dilewati bergelut dengan barang-barang baru tersebut. Tapi setelah seminggu berlalu, akan muncul kebosanan. Demikian juga tentang rutinitas sehari-hari yang digeluti orang meningkat dewasa, bedanya dengan anak-anak, sebagai orang menginjak dewasa dituntut untuk bertahan dan menyesuaikan diri dengan kebosanan itu. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencari tantangan baru diluar pekerjaan rutin, misalnya ikut kegiatan olahraga atau hal-hal lain yang belum dikuasai. Hal ini dimaksudkan untuk menstimulasi minat anda.
3.    Membuat Perubahan
Bertemu, melihat dan melakukan hal-hal yang sama dari hari ke hari pasti membuat bosan. Untuk menepis kebosanan itu, anda bisa melakukan perubahan pada hal-hal kecil yang anda jumpai setiap hari.

Sebagai alternatif tambahan adalah dengan cara memberikan materi yang cukup dapat dimengerti dan luas, sehingga dapat dipahami secara mandiri, serta siswa diberikan tugas yang mengacu kepada penjelasan atau materi yang dijelaskan agar tercapainya tujuan yang telah digariskan kurikulum.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Belajar"

Posting Komentar