Definisi Computer/ Komputer

definisi komputer
Dalam sejarahnya, definisi kata computer/ komputer dahulunya dipergunakan untuk gelaran orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada lingkaran tahun 1646-an sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian lingkaran tahun 1897-an kata computer digunakan sebagai kata benda yaitu: "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
 Merujuk kepada sumber yang lain, computer juga didefinisikan sebagai sebuah  alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Istilah lebih baik sedangkan apabila kita merujuk kepada beberapa sumber lain, kita secara luas dapat mendefinisikan komputer adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Dalam sejarah computer dan perkembanganya kita akan mengenali satu nama tokoh yang bernama Charles Babbage yang mendesain sebuah mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, Charles Babbage juga berhasil membuat berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule (sebuah kalkulator mekanik) yang menurut para ahli dewasa ini dapat digolongkan kepada jenis computer pada masa itu.
Cloud Computingkomputer pertamaSlide Rule 2Slide Rule

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Definisi Computer/ Komputer"

Posting Komentar