Berlibur Lebaran di ICAKAN

Keluarga AUX-AUX13
Makna kata berlibur bila merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berarti menghabiskan waktu libur, sedangkan kata liburnya sendiri berarti bebas dari kerja. Apabila menghubungkan makna kata dengan judul postingan di atas mungkin kita akan mendapatkan sebuah kerancuan bahasa karena Berlibur Lebaran berarti menghabiskan waktu libur lebaran, sedangkan kita tahu sendiri bahwasanya lebaran bukanlah merupakan suatu pekerjaan melainkan ianya adalah satu hari besar bagi kaum muslimin.  
Bila judulnya dianggap rancu bila dirujuk kepada tafsir Kamus Besar Bahasa Indonesia, penulis berpaling kepada sebuah pengertian lain yang ditulis seseorang yang mengungkapkan bahwa arti liburan yang sebenarnya adalah saat dimana kita telah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan telah mempersiapkan hari esok dengan baik. Banyak yang menganggap bahwa liburan itu adalah saat dimana kita tidak bekerja seperti hari Minggu dan hari libur lainya.
Terlepas dari ungkapan di atas, penulis juga teringat akan beberapa bait syair sang pujaan yang bercerita tentang liburan;
 photo
“Libur Kecil Kaum Kusam”
Nikmat kau hisap asap tembakau
Di bangku rumah kontrakan
Sore selesai kerja sehari
Tunggu istri berdandan
Janji pergi berkencan
Tak kalah dengan orang gedean
Dalam rasakan senang
Walau lembaran gaji sebulan
Hanya cukup untuk kakus
Soal rekreasi sih harus
Setianya anak istri
Menantikan bahagia
Sehari bagaikan sang raja
Selesai anak istri berdandan
Tembakau kau matikan
Jendela pintu lalu kau kunci
Tentu tak sabar mereka pergi
Stop bis kota dengan pasti
Libur kecil kaum kusam
Yang teramat manis begitu romantis
Walau sekali setahun
Tuhan rangkullah
Jangan kau tinggalkan
Waktu mereka
Pergilah derita ini hari
Berilah tawa yang terkeras
Untuk obati tangis lalu
Limpahkan senang paling indah
Agar luka tak nyeri
Agar duka tak menari

Terbebas dan tidak ada hubunganya dengan tulisan di atas, pada postingan ini sesungguhnya penulis ingin menunjukan beberapa gambar koleksi pribadi yang diambil saat Berlibur Lebaran di ICAKAN pada beberapa tahun yang lalu.
Gambar-gambar di bawah ini diambail dalam satu hari pada hari itu tanggal sekian dan tahunyapun lupa lagi. Pada hari itu memang penulis dan keluarga ke tiga penulis mengadakan suatu liburan yang memang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan di keluarga tersebut.
Keluarga disini kami sebut saja namanya Keluarga Aux-aux, nggak perlu nanya apa makna dari Aux-aux itu sendiri karena memang tak ada seorangpun dari kami anggota keluarganya sendiri yang tahu akan apa sebenarnya makna dari Aux-aux ini. Perlu juga anda ketahui bahwasanya keluarga ini berbeda dengan keluarga yang lain pada umumnya karena di keluarga Aux-aux ini anda tidak akan menemukan yang mana Ayah dan Yang mana Ibunya, bahkan kamipun tak tahu siapa saudara sulung kami dan siapa yang bontotnya karena kami punya satu “olot”-pun (dalam Bahasa Sunda berarti orang yang di-tuakan) sesungguhnya usianya bukanlah yang paling tua usianya diantara kami.
Tapi inilah Keluarga Aux-aux adanya, jalinan persaudaran diantara beberapa pribadi ditambah dengan pasanganya dan kini semakin bertambah dengan beberapa buah hati mereka yang telah bersama menjalani tahun-tahun dalam kehidupan, mengarungi masa yang dimulai masa remaja pada waktu itu hingga kini ada diantara kami yang memasuki usia setengah baya, kami selalu bersama walau tidak selalu bersama-sama, banyak cerita, kenangan dan catatan yang tersimpan dalam ingatan, dan buktipun telah begitu banyak walau kebanyakanya adalah saksi kebersamaan kami dalam bersuka ria.
Kembali ke Berlibur Lebaran di ICAKAN; pada suatu acara buka puadsa bersama di akhir Bulan Romadhon, seperti biasa kami membicarakan akan sebuah rencana digelarnya liburan bersama, dan pada kesimpulanya untuk tahun itu liburanya akan pergi ke Tempat Wisata ICAKAN yang berada di sekitaran Ciamis.
Bila dalam foto-foto kami terlihat bebrapa kali berpose dekat dengan sebuah mobil pick-up, anda gak perlu heran, karena memang kami pergi berlibur dengan mengendarai sebuah mobil bak terbuka. “dodombaan…”.
100_5397100_5402100_5404100_5406100_5408100_5410100_5411100_5414100_5418100_5419100_5420100_5421100_5424100_5431100_5433100_5434100_5436100_5441
C23 100_5413C23 100_5416Keluarga Aux aux

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berlibur Lebaran di ICAKAN"

Posting Komentar