Contoh Makalah Nyangku di Panjalu

Contoh Makalah Nyangku di Panjalu
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kebudayaan suatu daerah harus selalu dijaga dan dilestarikan. Hal itu dimaksudkan agar kebudayaan tersebut tidak punah. Serta agar para generasi muda kita serta cucu-cucu kita dapat melihat dan menyaksikannya, bukan hanya sekedar sejarah semata. Begitu pun budaya Nyangku yang merupakan salah satu kebudayaan asli milik masyarakat Panjalu. Budaya Nyangku selalu dilaksanakan oleh masyarakat Panjalu setiap satu tahun sekali. Budaya Nyangku merupakan budaya yang selalu dilaksanakan dan dilestarikan oleh masyarakat Panjalu.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Apa arti dari upacara adat nyangku ?
2. Kapan dilaksanakannya upacara adat nyangku ?
3. Apa tujuan dari upacara adat nyangku ?
4. Apa hakekat dari upacara adat nyangku ?
5. Siapa yang menyelenggarakan upacara adat nyangku ?
6. Apa saja benda-benda peninggalan sejarah yang dibersihkan dalam upacara adat nyangku ?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu :
1. Ingin mengetahui arti dari upacara adat nyangku.
2. Ingin mengetahui waktu pelaksanaan upacara adat nyangku.
3. Ingin mengetahui tujuan dari diadakannya upacara adat nyangku.
4. Ingin mengetahui hakekat dari upacara adat nyangku.
5. Ingin mengetahui pihak-pihak yang menyelenggarakan upacara adat nyangku.
6. Ingin mengetahui benda-benda yang dibersihkan dalam upacara adat nyangku.
1.4 Manfaat Penulisan Karya Tulis Nyangku
Manfaat dari penulisan karya tulis nyangku ini adalah penulis ingin memberikan informasi tentang penyelenggaraan upacara adat nyangku yang dilaksanakan oleh Sesepuh Panjalu dan Pemerintahan Desa Panjalu, Para Tokoh, Para Penjaga Makam (Kuncen).
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Apa Arti Dari Upacara Adat Nyangku ?
Upacara adat nyangku adalah upacara adat warisan dari raja-raja Panjalu yang masih manjadi tradisi turun-temurun masyarakat Panjalu dengan tujuan membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Panjalu. Nyangku berasal dari kata Yanko bahasa Arab yang artinya membersihkan.
2.2 Kapan Dilaksanakannya Upacara Adat Nyangku ?
Upacara adat nyangku dilaksanakan satu kali dalam setahun yaitu pada bulan Rabiul Awal tahun Hijriyyah minggu terakhir yang biasa yang biasa dilaksanakan pada hari Senin atau hari Kamis.
2.3 Apa Tujuan Dari Upacara Adat Nyangku
Tujuan dari upacara adat nyangku pada zaman dahulu adalah untuk membersihkan benda pusaka Kerajaan Panjalu sebagai salah satu misi penyebaran Agama Islam. Namun tujuan dari penyelenggaraan nyangku sekarang hanyalah sebatas membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Panjalu. Selain itu juga bertujuan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW serta mempererat tali persaudaraan masyarakat Desa Panjalu.
2.4 Apa Hakekat Dari Upacara Adat Nyangku ?
Adapun hakekat dari upacara adat nyangku adalah membersihkan diri dari segala sesuatu yang dilarang oleh agama Islam.
2.5 Siapa Yang Menyelenggarakan Upacara Adat Nyangku ?
Penyelenggara upacara adat nyangku adalah Sesepuh Panjalu dan Pemerintah Desa Panjalu, Para Tokoh, serta Para Penjaga Makam (Kuncen).
2.6 Apa Saja Benda-benda Peninggalan Sejarah yang Dibersihkan dalam Upacara Adat Nyangku ?
Benda-benda yang dibersihkan dalam upacara nyangku diantaranya, pedang, Cis, Keris Komando, Keris, Pancaworo, Bangreng, Gong Kecil. Semua jenis benda pusaka tersebut sebagian terdapat di keluarga Yayasan Borosngora dan sebagian lagi dipegang masyarakat Panjalu.
BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Upacara adat nyangku merupakan upacara adat tradisi turun temurun masyarakat Panjalu. Upacara adat ini dilaksanakan oleh para Sesepuh dan Pemerintah Desa Panjalu setiap satu tahun sekali dengan tujuan untuk membersihkan benda-benda pusaka. Hakekat dari upacara adat nyangku adalah untuk membersihkan diri.
3.2 Saran
Upacara adat Sakral Nyangku merupakan upacara adat warisan dari raja-raja Panjalu. Oleh karena itu marilah kita melestarikan dan menjaga kebudayaan asli daerah khususnya kebudayaan asli masyarakat Panjalu.
Contoh Makalah Nyangku di Panjalu (2)Contoh Makalah Nyangku di Panjalu (3)Contoh Makalah Nyangku di Panjalu (4)Contoh Makalah Nyangku di Panjalu (5)











































Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Makalah Nyangku di Panjalu"

Posting Komentar