Cara Mengatasi Masalah Hasil Cetak Printer Epson R230 Kosong

Pada suatu ketika kami mengalami masalah dengan printer Epson R230 kami; ketika dihidupkan printer menunjukan status error yaitu semua lampu baik lampu power, lampu indikator tinta dan lampu indikator kertas semuanya blinking. Kami mencoba mengatasi dengan cara meressetnya, setelah diresset printer dihidupkan kembali, blinking error berhasil kami atasi.
Akan tetapi ketika kami mencobanya mencetak sebuah dokumen kami kembali mengahadapi maslah lain, dan maslah ini merupakan satu masalah yang baru kami alami setelah kami menggunakan Printer Epson R230 ini selama 2 tahun lebih dan kami menggunakanya secara aktif. Masalah yang kami hadapi pada saat ini adalah:
Ketika kami menghidupkan printer, kelihatanya printer berada pada status stand bye, proses kalibrasi normal, dan lampu-lampu indikatorpun tidak ada yang menunjukan adanya sebuah error, akan tetapi ketika kami gunakan untuk mencetak, hasil cetakanya kosong, atau dukumen yang kami cetak tidak pindah ke media lain/ kertas.
Sampai disini kami berasumsi bahwa printer mengalami penyumbatan pada nozle head atau pada cartridge valve, kemudian kamipun melakukan proses pembersihan, bahkan pada proses ini kami melakukan pembersihan total dari mulai sisa tinta di dalam cartridge, saluran-saluran dalam komponen head printer, bahkan kami juga membersihkan sensor-sensor lain (karena memang kami membongkar printer secara total). Setelah printer kami bersihkan dan kami pasang kembali, ternyata maslahnya tidak terselesaikan, hasil cetak printer tetap kosong.
 Sampailah kami teringat pada printer Epson C90 yang bermasalah dan mengharuskan diganti Fuse/ sekringnya.
Browsing internet lagi nyari fuse atau setidaknya gambar fuse untuk printer Epson R230; gambar sih banyak tapi letak dan posisi pada mainboard R230 tidak ada. Pada satu artikel sebuah mainboard printer CX.... ada artikel yang menandai fuse dengan kode F. (terimakasih pada yang mempostingkan artikel ini karena memang ini yang menjadi kuncinya). Dan kamipun berpendapat bahwa pokok masalah ini adalah karena adanya salah-satu fuse dalam printer yang mati.
Corner 23 kali ini ingin membantu anda apabila mengalami masalah seperti ini; printer R230 hidup seperti normal; head, nozle head tidak tersumbat, tapi ketika dipakai mencetak hasilnya kosong, terpaksa anda harus melakukan: 
Ganti saja salah-satu atau kedua fuse/ sekring pada mainboard printer anda! kalau tidak ada fuse/ sekring, dijumper saja pakai satu lembar kabel yang kecil.











Cara mengganti fuse/ Sekring mainboard R230 adalah sebagai berikut:
  1. Pertama sekali baca basmalah karena yakinlah Rabb yang akan menyelesaikan semua masalah 
  2. Buka penutup/ casing printer 
  3. Buka tempat penyimpan kertas (bautnya ada 4, perhatikan dengan seksama jangan sampai membuka baut yang nggak perlu) 
  4. Tarik penyimpan kertas ke belakang dengan hati-hati karena ada bagian yang berhubungan dengan bagian penarik kertas dan sensor kertas
  5. Cabut semua kabel yang terhubung dengan mainboard karena fuse/ sekring menempel pada kedua sisi mainboard tersebut
  6. Setelah mainboard kita cabut saatnya mengganti salah-satu atau kedua fuse/ sekring yang kita cari. Salah-satu apabila kita mempunyai multi tester dan ganti keduanya apabila kita tak tahu yang mana yang putus. dan jumper (sambungkan kedua ujung fuse) saja apabila kita tidak punya fuse pengganti. 
  7. Fuse/ sekring pada mainboard R230 ditandai dengan huruf F, yaitu F1 dan F2 ada di dua sisi mainboard. Apabila sudah selesai pasang kembali dengan teliti dan hati-hati, dan insya-Allah masalahnya akan tertanggulangi. Setelah semuanya selesai jangan lupa ucapkan hamdalah, karena Rabb lah yang telah melimpahkan segala ilmu dan kebaikan bagi kita semua.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Masalah Hasil Cetak Printer Epson R230 Kosong"