CARA MENANAM JANDA BOLONG ANTI BUSUK


Sahabat chanel devi sofiah yang berbahagia, janda bolong yang akan kita tanam kali ini adalah bibit yang baru saja kami beli secara online, harganya sekitar 30 ribuan saja
tanaman janda bolong adalah berasal dari suku talas-talasan dan marganya adalah monstera, yang salah satu spesiesnya berharga sangat mahal itu lho...

Janda bolong yang akan kita tanam kali ini nama aslinya monstera andansonii merupakan spesies yang cukup banyak ditemukan di tempat kami. Dan bibit yang akan kami tanam saat ini merupakan bibit yang baru dua ruas, berdaun tiga helai, dan akarnyapun baru beberapa saja.
Sebelum kita menanam terlebih dahulu kita persiapkan alat dan bahan yang diperlukan,
Pertama sekali kita siapkan pot, karena tanamanya masih kecil maka kita siapkan pot yang kecil saja dulu, perhatikan lubang-lubang potnya buatlah lubang yang cukup banyak agar nanti bila kita siram, maka airnya akan mengalir dengan lancar.   pada bagian bawah pot kita beri arang batok kelapa atau pecahan genteng, selanjutnya beri arang sekam.
Selanjutnya kita persiapkan media tanam, media tanam yang kami gunakan kali ini adalah campuran dari kompos, kokopit, dan arang sekam. Kami disini menggunakan arang sekam karena bibit yang kami tanam ini masih kecil dan akarnya juga belum banyak jadi gunakan yang lebih halus.
Bahan lainya yang kita perlukan adalah air yang sudah kita beri vitamin B1 dan obat anti jamur.

Selanjutnya kita lanjutkan dengan langkah pengerjaan
Pertama sekali tentunya kita buka pembungkus tanaman yang dibuat oleh penjual bibitnya, hati hati membukanya jangan sampai akarnya terganggu. Disini kami perhatikan kalau bibit ini akarnya masih sangat sedikit dan masih muda-muda,
Kemudian kita cuci akar bibit dengan air yang sudah kita campuri obat anti busuk dan sedikit zat perangsang akar, tindakan ini kami lakukan dengan harapan agar bibit ini segera menumbuhkan akar yang banyak dan bagus dan terbebas dari busuk akar.
Oh ini akarnya masih sangat sedikit dan masih muda-muda, mudah mudahan saja bibit ini akan tumbuh dan berkembang dengan baik.
Langkah selanjutnya kita isi pot dengan media tanam sesuaikan dengan tinggi bibit yang akan kita tanam, kemudian letakan bibit di tengah pot, dan timbun dengan media tanam sampai penuh, padatkan secukupnya jangan terlalu padat atau menekan dengan tangan, cukup hanya dengan menghentakan pot seperti ini. Jangan terlalu dipadatkan cukup sampai agar tanaman yang kita tanam tidak roboh.
langkah kita selanjutnya atau langkah terakhir adalah menyiram tanaman yang sudah kita tanam dengan air yang sudah diberi vitamin B1 dan obat anti jamur, kita siram keseluruh bagian tanaman dari mulai daun, batang bahkan ke media tanamnya, tindakan ini selain bertujuan untuk melembabkan media tanamakan tetapi tindakan ini juga bertujuan untuk memadatkan media tanam. Siram terus sampai media tanam basah bahkan bisa saja sampai air mengalir dari lubang drainase pot.

   

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MENANAM JANDA BOLONG ANTI BUSUK"

Posting Komentar