Nama Penyakit dengan Awalan Dis

 

1.    Disuria

Disuria adalah penyakit nyeri pada saat kencing.

Pengertian Disuria adalah  penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang tumbuh atau menyerang organ-organ tubuh yang berhubungnan dengan saluran kemih/ saluran kencing seperti ginjal, ureter dan kandung kemih.

disuria

  

2.    Dismenorrhea/ Dismenore (nyeri saat menstruasi),

Dismenorrhea/ Dismenore adalah sakit pada perut menjelang atau selama haid,

Dismenorrhea/ Dismenore adalah sakit yang dirasakan pada perut ketika menjelang atau selama haid, dimana dalam keadaan normal, nyeri haid hanya membuat sakit dan tidak nyaman. Tetapi bagi wanita yang mengidap penyakit Dismenore akan merasakanya dengan parah, nyeri haid ini bisa membuat wanita tidak dapat bekerja dan harus beristirahat, nyeri sering bersamaan dengan rasa mual, sakit kepala, perasaan mau pingsan dan lekas marah.

Penyakit dismenore terbaga kedalam dua jenis yaitu Dismenore Primer dan Dismenore Sekunder.

Dismenore Primer adalah Dismenore yang terjadi tanpa adanya kelainan genokoligik yang nyata, dan terjadi setelah menarke.

Dismenore Sekunder dikaitkan dengan penyakit pelvis organik, seperti endometriosis, penyakit radang pelvis, stenosis serviks, neoplasma ovarium atau uterus dan polip uterus.

Dismenore

 

3.    Disentri

Penyakit disentri adalah penyakit pencernaan yang disebabkan adanya infeksi pada usus atau radang usus yang disebabkan oleh bakteri.

Penyakit disentri dapat dengan diobati dengan antibiotik dan obat antiparasit.

Penyakit disentri jika tidak diobati dapat menyebabkan dehidrasi yang parah.

Penyebab penyakit disentri yang banyak ditemukan adalah karena kebiasaan tidak mencuci tangan, atau karena tidak menjaga kebersihan lingkungan dan kebiasaan hidup bersih.

Jenis-jenis Penyakit Disentri:

­    disentri amoeba (amoebiasis), penyebabnya adalah bakteri entamoeba histolytica, Biasanya menyerang kepada anak-anak dibawah 5 tahun atau balita.

­    disentri basiler, penyebabnya adalah bakteri shigella, escherichia coli enteroinvasif (EIEC), Salmonella, campylobacter jejuni (terutama pada bayi). Untuk bakteri shigella perlu diwaspadai karena ± 60% kasusnya termasuk berat dan dapat dirujuk ke rumah sakit serta mengancam jiwa.

Disentri

 

4.    Displasia

Penyakit Displasia adalah penyakit tidak normalnya perkembangan sel dan jaringan. Istilah ini sering digunakan pada bidang onkologi, yaitu ilmu mengenai penyakit keganasan atau kanker. Displasia sering kali merupakan awal mula dari pertumbuhan kanker.

displasia

 

5.    Dispnea (Sesak Napas)

Penyakit Dispnea adalah penyakit sesak napas. Atau dengan kata lin penyakit dispnea dapat diartikan sebagai kondisi dimana dibutuhkan usaha lebih untuk bernapas dan aktivitas bernapas menjadi aktivitas sadar.

dispnea

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Nama Penyakit dengan Awalan Dis"

Posting Komentar