Jenis-jenis Makanan yang Membuat Lemas Saat Berpuasa

clip_image002Postingan istimewa kali ini kami persembahkan buat anda sekalian yang tengah menjalankan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan, dan postingan ini adalah sebuah artikel yang Corner 23 Copy Paste dari http://www.lintas.me/article/editor/5-makanan-yang-membuat-lemas-saat-puasa/slide/1, yang isinya tentang 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari dan tidak baik dikonsumsi saat kita bersahur, karena dengan mengkonsumsinya akan menyebabkan tubuh kita terasa lemas saat kita berpuasa pada siang harinya. Ke-5 jenis makanan yang sebaiknya tidak kita konsumsi saat menyantap makan sahur itu adalah sebagai berikut :
 Jenis-jenis Makanan yang Membuat Lemas Saat Berpuasa 1
1.       Makanan yang mengandung pemanis alami, apalagi buatan, sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi selama berpuasa. Misalnya saja yang terdapat pada buah, jus buah, minuman siap saji, dan minuman dengan gula yang sengaja ditambahkan ke dalamnya. Karena makanan atau minuman yang mengandung banyak gula akan memberikan energi secara instan di awal, lalu kembali menyerap energi tersebut dengan lebih cepat. Selain tubuh mudah lemas, rasa lapar pun akan menyerang.
 Jenis-jenis Makanan yang Membuat Lemas Saat Berpuasa 2
2.       Roti dan sereal sebagian besar terdiri dari karbohidrat yang akan mudah terbakar saat kita beraktifitas dan mengendap apabila didiamkan. Sehingga tubuh cenderung menjadi lemas. Kandungan gula di dalamnya juga bisa menyebabkan energi lebih mudah terserap sehingga tubuh menjadi lemah. Belum lagi kandungan pengembang alaminya akan bereaksi, terutama pada siang hari puasa, dan menyebabkan kambuhnya penyakit maag.
 Jenis-jenis Makanan yang Membuat Lemas Saat Berpuasa 3
3.       Teh, kopi, dan minuman berenergi mengandung kafein yang bisa menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Jika tubuh terasa bertenaga ketika pertama kali meminumnya, itu akibat adrenalin yang terpompa secara instan. Setelahnya tubuh justru akan lelah berlebihan karena kehilangan energi. Produksi asam di lambung juga akan meningkat apabila ketiganya dikonsumsi dalam keadaan perut kosong saat sahur, apalagi berbuka. Buruknya lagi, ternyata teh dapat menetralkan nutrisi dalam kandungan makanan.
 Jenis-jenis Makanan yang Membuat Lemas Saat Berpuasa 4
4.       Makanan yang digoreng, memang lebih praktis disajikan terutama ketika sahur. Misalnya saja ayam goreng, atau jenis gorengan lainnya. Padahal, makanan yang berminyak mengandung lebih banyak lemak sehingga lebih sulit dicerna. Agar tecerna dengan baik, jenis gorengan ini butuh tambahan gula darah dan energi pada tubuh. Otomatis, tubuh pun terasa mudah lelah dan mengantuk. Akibat kurangnya aliran darah pada tangan dan kaki.
 Jenis-jenis Makanan yang Membuat Lemas Saat Berpuasa 5
5.       Sama dengan makanan berminyak, daging merah juga mengandung banyak lemak dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga akan menguras banyak energi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi jenis tersebut. Salah satu jenis daging yang sebaiknya dihindari sama sekali saat sahur adalah kalkun. Karena terdapat kandungan asam amino di dalamnya yang dapat mengakibatkan kantuk dan tidak berenergi selama puasa.
Demikianlah 5 jenis makanan yang apabila konsumsi saat bersahur akan menyebabkan tubuh kita lemas saat berpuasa. Lalu jenis makanan apakah yang dapat membuat tubuh kita tetap vit saat berpuasa? Jawabanya adalah “Nanti ya... kita berlayar lagi di internet”

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-jenis Makanan yang Membuat Lemas Saat Berpuasa"

Posting Komentar