Cara-cara Mengganti Aki Mobil

Langkah-langkah Mengganti Aki MobilAki adalah merupakan bahasa sehari-hari untuk Akumulator atau Accu yaitu suatu alat untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Aki tergolong kedalam golongan sel sekunder, karena selain dapat menghasilkan arus listrik aki juga dapat diisi arus listrik. Sel-sel aki terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dan sebagai elektrolitnya aki menggunakan elektrolit H2SO4.
Fungsi aki dalam sebuah mobil adalah vital sekali, karena selain berfungsi sebagai sumber energi listrik aki juga digunakan untuk menghidupkan/ menstater mobil. Oleh karena itu kita harus merawatnya dengan baik secara berkala agar aki selalu dalam keadaan baik. Seperti selalu memperhatikan air aki jangan sampai kurang sekali, dan kebersihan permukaan atas aki jangan sampai kotor apalagi basah karena keadaan seperti ini akan menyebabkan terjadinya korsleting yang mengakibatkan aki akan cepat rusak.
Apabila kita mengalami masalah-masalah yang terindikasi oleh adanya kerusakan aki, maka dalam proses penggantian akipun kita harus memperhatikan beberapa hal, karena apabila kita tidak melakukanya dengan baik kita akan mengalami banyak masalah terutama apabila mobil yang akan kita ganti akinya ini sudah dilengkapi ECU, power window, jam digital, digital audio system dll.
Pada postingan kali ini Corner 23 ingin berbagi dengan anda tentang bagaimana prosedur penggantian aki mobil yang baik. Dan sebelum kita melakukan penggantian aki, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan alat-alat seperti :
1.    Aki baru yang ukuranya sesuai;
2.    Charger aki, kalau tidak ada sediakan 2 utas kabel untuk menjamper aki sementara;
3.    Kunci-kunci untuk mengencangkan baut-baut di kutub-kutub aki.
Setelah alat-alat tersedia maka langkah selanjutnya adalah langkah-langkah penggantian aki yaitu :
1.    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kunci kontak dalam posisi off;
2.    Hubungkan aki yang lama dengan charger yang menyala atau dapat juga dengan cara menghubungkan aki yang lama dihubungkan dengan aki yang baru menggunakan kabel. Hal ini dilakukan supaya arus listrik untuk ECU, power window, dan lain-lain tidak terputus pada saat kita mencabut kabel dari kutub-kutub aki yang lama. Untuk beberapa merk mobil yang sudah dilengkapi dengan baterai cadangan hal ini tidak perlu dilakukan. Untuk jenis-jenis mobil yang belum dilengkapi ECU, dan peralatan digital lainya, poin ini kita abaikan saja;
Langkah-langkah Mengganti Aki Mobil 2 Langkah-langkah Mengganti Aki Mobil 3 Langkah-langkah Mengganti Aki Mobil
3.    Mulailah membuka kabel aki pada aki yang lama dimulai dari kabel pada kutub negatif;
4.    Pasanglah kabel aki pada aki yang baru dimulai dari kutub positif.
Demikianlah langkah-langkah penggantian aki mobil yang dapat Corner 23 bagikan, semoga dapat membantu anda. Langkah-langkah penggantian aki mobil ini dapat juga kita praktikan pada penggantian aki sepeda motor.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara-cara Mengganti Aki Mobil"

Posting Komentar