Cara Install Window 7 dari Hardisk Eksternal

Cara Install Windows 7 dari Hardisk Eksternal 5Menginstal Window 7 pada komputer adalah merupakan satu pekerjaan yang tidaklah terlalu sulit di kita, karena sumber Window 7 gampang sekali didapatkan di bengkel-bengkel komputer, kita hanya perlu untuk menggandakanya saja. Walaupun pada dasarnya kegiatan ini merupakan kegiatan yang ilegal. Sebagai pembelajaran bagi kita yang ingin tahu cara menginstal Window 7 bolehlah kita praktikan pada PC ataupun laptop kita sendiri.

Pada kesempatan kali ini Corner 23 ingin berbagi cara install Window 7 dari hardisk eksternal pada notebook.

Seperti yang sudah kita semua tahu bahwa notebook tidaklah dilengkapi dengan CD/ DVD room, jadi apabila kita akan menginstall window 7 pada notebook tersebut kita harus melalui Flashdisk atau CD/ DVD room eksternal atau bisa juga dengan Hardisk eksternal.  

Untuk intall window 7 melalui hardisk eksternal langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.        Sediakan DVD installer window 7, hardisk eksternal, dan komputer yang statusnya baik.

2.        Copy isi dari DVD installer window 7 ke hardisk eksternal; cara mengcopynya jangan dibuatkan folder akan tetapi kita harus mengcopynya langsung ke root hardisk eksternal kita. Misalnya: kalau DVD installer window 7 berada di drive E dan hardisk eksternal di drive F, maka kita mengcopynya langsung E ke F.

3.        Setelah berhasil disalin, kita cari file di hardisk eksternal, file yang bernama bootmgr, kalau sudah ditemukan rename file tersebut menjadi ntldr.

4.        Buka control panel pilih administrative tools kemudian pilih computer management kemudian pilih disk management, arahkan ke partisi HDD eksternal. Kemudian klik kanan dan pilih "mark partition as active".

Cara Install Windows 7 dari Hardisk Eksternal 3 

5.        Sampai disini berarti kita sudah memiliki hardisk eksternal yang berfungsi sebagai installer window 7, dan kita sudah siap untuk menginstall window 7 melalui hardisk eksternal, langkah selanjutnya kita persiapkan notebook yang akan kita install, jangan lupa hubungkan notebook kita dengan hardisk eksternal yang kita sudah persiapkan tadi jangan lupa juga ketika notebook akan diinstall window 7 kita harus menghubungkanya dengan charger.

6.        Restrat notebook dan masuk ke setup bios, biasanya ada yang dengan cara menekan del, ada juga yang dengan cara menekan f1 dan lain-lain. Setelah berada di setup bios, rubahlah aturan first booting notebook kita dari USB Hardisk, stelah itu simpan dan keluar dari bios.

Cara Install Windows 7 dari Hardisk Eksternal 2

7.        Setelah itu notebook akan merestart dan penginstalan window 7 pun akan segera dimulai, kita tinggal memperhatikan, dan mengikuti langkah-langkahnya seperti biasa saat kita install window 7 dari DVD installer.

Cara Install Windows 7 dari Hardisk Eksternal 

8.        Ketika installasi berjalan, notebook akan restart, dan pada saat itu kita harus kembali ke setup bios, kita harus merubah first booting notebook kita kembali ke hardisk, tidak lagi USB hardisk, dan hardisk eksternalnya sendiri biarkan saja tersambung dan jangan dicabut dulu.

9.        Setelah notebook restart, proses instalasi window 7 pun akan terus berlanjut sampai selesai, kita tinggal mengikutinya dan mengisi pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan diajukan, seperti user, password, dan CD key window 7.

10.    Sampai disini maka berarti proses install window 7 dari hardisk eksternal pun sudah selesai.

Demikianlah cara install window 7 dari hardisk eksternal yang dapat corner 23 bagikan buat anda, semoga ada manfaatnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Install Window 7 dari Hardisk Eksternal"

Posting Komentar